WBO Hitung Ulang Skor Kekalahan Pacquiao Dari Horn, Tapi Hasil Tak Akan Berubah

WBO Hitung Ulang Skor Kekalahan Pacquiao Dari Horn, Tapi Hasil Tak Akan Berubah

Berita Tinju: World Boxing Organization akan menghitung ulang skor duel perebutan gelar kelas welter Manny Pacquiao versus Jeff Horn karena keputusan kemenangan angka mutlak mencurigakan yang diberikan kepada si penantang dari Australia, tapi tak ada rencana mengubah hasil pertandingan.

Badan tinju WBO merespons permintaan departemen pemerintahan Filipina untuk meninjau ulang pertarungan tersebut setelah Pacquiao mengatakan keputusan kalah angka yang diterimanya pada Minggu pekan lalu tidaklah adil.

Philippines Games and Amusements Board (GAB) mengatakan bahwa pihaknya mendasarkan permintaaan ini untuk melindungi integritas olahraga tinju, akibat penilaian wasit dan ketiga hakim yang mungkin salah. Tapi WBO menegaskan hanya bisa menarik keputusan para hakim jika terbukti ada kecurangan (fraud) dalam penilaian pertarungan.

“Saya akan sangat berterima kasih jika GAB bisa menyediakan bukti apapun yang mengindikasikan kecurangan atau pelanggaran peraturan,” kata Presiden WBO, Francisco Valcarcel dalam surat yang ditujukan kepada GAB pada Kamis pekan lalu.

“Tujuan dari peninjauan ulang ini adalah memberikan kepastian kepada para fans tentang siapa yang memenangi pertarungan itu, meski kami tak punya kekuatan untuk mengubah keputusan hakim,” imbuhnya.

Valcarcel mengatakan ada 5 hakim anonim yang akan meninjau ulang duel itu, memberikan penilaian mereka sendiri ronde per ronde. “Kemudian kami akan tabulasikan hasilnya untuk memastikan dengan jelas ronde-ronde mana saja yang setiap petinju menangkan, menggunakan skala rata-rata 60, 80 dan 100 persen,” kata Valcarcel. “Ini artinya, tiga dari lima hakim harus setuju untuk menentukan petinju mana yang memenangi ronde tersebut.”

Pertarungan di Suncorp Stadium, Brisbane (Australia) itu menghasilkan skor 117-11 oleh Waleksa Roldan dan masing-masing 115-113 oleh Chris Flores dan Ramon Cerdan, dengan skor Roldan yang paling dikritik.

Valcarcel mendukung ketiga hakim ini, yang menghitung skor untuk ratusan pertarungan. “Para hakim yang berpartisipasi dalam duel ini, semuanya profesional, terhormat dan jujur,” tandasnya.