WBC Izinkan Canelo Pertahankan Gelar Sukarela Pada Desember Mendatang

WBC Izinkan Canelo Pertahankan Gelar Sukarela Pada Desember Mendatang

Presiden World Boxing Council (WBC), Mauricio Sulaiman, mengakui pihaknya telah mengizinkan juara kelas menengah Saul “Canelo” Alvarez (50-1-2, 34 KO) untuk melakukan laga mempertahankan gelar sukarela jika naik ring lagi pada Desember mendatang.

Petinju asal Meksiko ini kemungkinan akan naik ring lagi pada 15 Desember lagi. Canelo menyabet gelar juara kelas menengah WBC dan WBA bulan lalu, setelah memenangkan pertarungan 12 ronde melawan Gennady Golovkin di T-Mobile Arena, Vegas.

Namun satu masalah besar menanti Canelo. Dia memiliki lawan yang wajib dihadapinya dalam mempertahankan gelar yang melawan juara kelas menengah interim WBC, Jermall Charlo. Sebelumnya Charlo memang dijadwalkan akan menghadapi pemenang laga ulang Canelo vs Golovkin.

“Anda harus melihat klasemen penantang wajib dan pertarungan di 17 kelas dan ada beberapa masalah yang rumit. Salah satunya adalah masa depan Canelo senagai juara kelas menengah,” kata Sulaiman.

“Jermall Charlo yang kini adalah juara interim, memiliki hak menghadapi juara yang resmi (Canelo). Kami memahami mungkin (Canelo) akan memainkan laga mempertahankan gelar bulan Desember dan kami akan umumkan tentang masalah ini,” ujar Sulaiman kepada ESPN Deportes.

Rumitnya, kata Sulaiman, akan terjadi karena dirinya juga tengah menunggu kemungkinan Golovkin meminta tarung urang kembali melawan Canelo. Dalam klausu- who will demand a third fight with the Mexican superstar.

“Kami tahu GGG (Golovkin) meminta pertarungan itu. Memang belum secara resmi namun (niatnya untuk kembali melakukan tarung ulang) sudah diumumkan. Namun ada juga masalah Charlo serta juara yang akan menjadi lawan dalam laga mempertahankan gelar (pada Desember) sebelum melakukan laga wajib mempertahankan gelar (pada 2019) tergantung pada waktu yang akan diberikan pada laga tersebut,” kata Sulaiman.

Salah satu masalah lain dalam menggelar laga Canelo vs Golovkin III, adalah keputusan HBO yang tak lagi menayangkan siaran langsung laga tinju dalam acara mereka.

Canelo dan Golovkin adalah petinju HBO dan kini mereka tak lagi terikat kontrak dengan jaringan televisi manapun. Dan tak ada jaminan kedua petinju akan berada di jaringan televisi yang sama di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *