Vasyl Lomachenko ‘Permainkan’ Miguel Marriaga, Menang TKO Di Ronde Ke-7

Vasyl Lomachenko ‘Permainkan’ Miguel Marriaga, Menang TKO Di Ronde Ke-7

Berita Tinju: Juara bertahan ringan yunior WBO Vasyl Lomachenko benar-benar ‘mempermainkan’ Miguel Marriaga, menjatuhkan sang penantang sebanyak dua kali sebelum memenangi duel tak berimbang itu dengan TKO ronde ketujuh di Los Angeles (AS), Sabtu (5/8) malam atau Minggu (6/8) pagi WIB.

Di hadapan sekitar 40 ribu penonton di Microsoft Theater, Lomachenko (9-1, 7 KO), dua kali peraih emas Olimpiade asal Ukraina yang dipandang banyak orang sebagai petinju amatir terhebat sepanjang masa (396-1), mempertahankan titel juara dunia 130 pound miliknya untuk kali ketiga.

Pertarungan dihentikan ketika kubu Marriaga meminta duel itu distop setelah ronde ketujuh yang brutal di mana Marriaga menerima pukulan-pukulan tanpa ampun. “Kami melakukan semua yang kami rencanakan,” tandas Lomachenko usai pertarungan.

Tak urung promotor Top Rank Bob Arum, yang menggeluti dunia tinju lebih dari 50 tahun, terpukau dengan penampilan Lomachenko. “Saya tak pernah melihat yang seperti ini. Dia luar biasa,” katanya. “Tidak hanya punya pengetahuannya, dia juga punya ketrampilan bertinju yang tak pernah saya lihat sebelumnya.”

Cepat, refleks, segalanya dan benar-benar menghibur. “Siapa lagi yang sepeti itu? Muhammad Ali,” ujar Arum, yang mempromotori 27 pertarungan Ali dan secara konsisten menyebut Lomachenko sebagai petinju dengan ketrampilan terlengkap yang pernah dia lihat sejak Ali.

Lomachenko menyamai rekor pertarungan tersedikit yang diperlukan untuk meraih gelar juara dunia, yang dilakukannya di pertarungan ketiga. Kemudian dia mengukir rekor pertarungan tersedikit yang diperlukan untuk menggondol dua sabuk juara dunia di dua kelas berbeda, yang dilakukannya di duel ketujuhnya.

Marriaga (25-3, 21 KOs) pun mengakui dominasi Lomachenko. Bagi petinju Kolombia berusia 30 tahun tersebut, ini kekalahan ketiga dalam karier pronya. Kesemuanya terjadi dalam duel perebutan gelar juara dunia. Dua kekalahan lainnya – kalah angka – terjadi di kelas bulu.

Meski mendominasi, Lomachenko menyadari dirinya masih punya kelemahan, yang membuatnya mengalami luka sobek di atas mata kirinya akibat benturan kepala. “Saya harus memperbaiki pertahanan saya,” kata petinju 29 tahun itu.

Sebelum luka itu, di ronde ketiga, Lomachenko menjatuhkan Marriaga dengan pukulan straight kiri. Toh meskipun kemudian terluka, sang juara bertahan tak nampak terpengaruh. Dia terus menghujani Marriaga dengan semua pukulan yang ada dalam tinju, dilontarkan dari semua sudut, tanpa bisa dibalas.

Penentuannya terjadi di ronde ketujuh. Kembali pukulan kiri keras Lomachenko menyungkurkan Marriaga. Bel tanda ronde berakhir berbunyi, namun Marriaga tak berdaya lagi, sehingga kubunya melemparkan handuk pertanda menyerah.

Mengenai duel Lomachenko selanjutnya, Arum berkata petinju itu akan kembali naik ring pada Desember mendatang di New York. Dia sudah menawarkan duel tersebut kepada kampiun bulu yunior Guillermo Rigondeaux (17-0, 11 KO), yang juga sama-sama peraih dua medali emas Olimpiade.

Selain Rigondeaux, kata Arum lagi, calon lawan potensial lainnya adalah Orlando Salido, yang pernah mengalahkan Lomachenko di duel pro keduanya, dan Miguel Berchelt yang juga menggengam sabuk juara dunia. “Saya akan lawan siapa pun,” kata Lomachenko. “Tugas saya adalah mengeluarkan kemampuan tinju terbaik saya di atas ring.”