UFC Dijual Dengan Harga 4 Miliar Dollar

UFC Dijual Dengan Harga 4 Miliar Dollar

UFC (Ultimate Fighting Championship) yang selalu berfokus pada perkembangan cabang olahraga tinju (boxing) yakni seni bela diri campuran (MMA) , kini memiliki pemilik baru untuk pertama kalinya setelah 15 tahun terkahir dipimpin oleh Dana White .

Pada hari Senin, Ultimate Fighting Championship (UFC) secara resmi mengumumkan bahwa organisasi tersebut telah dijual dengan harga sekitar 4 miliar dollar AS, kepada sekelompok investor olahraga tinju termasuk WME-IMG serta perusahaan ekuitas swasta Silver Lake, Kohlberg Kravis Roberts dan Michael S. Dell..

Ini menjadi begitu membingungkan setelah beberapa minggu yang lalu, petinggi UFC membuat pernyataan resmi yang mengatakan bahwa kabar penjualan UFC tersebut hanyalah gosip belaka.

Penjualan tersebut memang belum final hingga pekan terakhir ini, namun di awal pekan ketika tinta telah kering diatas kontrak maka UFC akan segera di transfer kepemilikannya dari Zuffa LLC ke kelompok baru yang dipimpin oleh WME-IMG.

Kesepakatan itu akan menjadikan Lorenzo dan Frank Fertitta sebagai pemilik utama UFC dengan saham mayoritas yang mereka miliki , dan mewakili bagian terbesar dari penjualan UFC.

Fertitta Bersaudara , bersama dengan Dana White membeli UFC pada tahun 2001 dengan harga 2 juta dollar, sebelum akhirnya tumbuh menjadi fenomena global. Namun kini UFC hanya dijual seharga 4 miliar dollar.

Meskipun tak lagi dimiliki oleh Dana White, banyak orang berharap White tetap menjabat sebagai presiden UFC dan tetap menjalankan operasi sehari-hari perusahaan. Promosi ini akan tetap berbasis di Las Vegas, dan tidak ada perubahan staf utama yang diharapkan dengan kelompok kepemilikan baru yang bertanggung jawab.

Pemilik baru UFC terdiri dari para investor konglomerat dengan WME-IMG sebagai pemimpin kelompok tersebut. WME-IMG paling dikenal sebagai perusahaan pencari bakat dan olahraga yang dipimpin oleh Ari Emanuel dan Patrick Whitesell.

Emanuel telah menjadi teman dan mitra bisnis UFC selama beberapa tahun dan memainkan bagian integral dalam tujuh tahun kesepakatan UFC dengan stasiun TV yang promosi ditandatangani dengan FOX pada tahun 2011.

Penjualan pertandingan UFC masih tetap moncer bahkan UFC 200 mampu memecahkan rekor pendapatan dengan 10,7 juta dollar untuk pertandingan yang diadakan di T-Mobile New Arena di Las Vegas.

Kini setelah WME-IMG mengambil alih organisasi olahraga seni bela diri campuran tersebut, maka secara resmi UFC memasuki era baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *