Terence Crawford Akan Pertahankan Gelar Kontra John Molina Jr Pada 10 Desember

Terence Crawford Akan Pertahankan Gelar Kontra John Molina Jr Pada 10 Desember

Berita Tinju: Juara WBC dan WBO kelas welter yunior Terence Crawford akan mempertahankan gelarnya melawan penantang John Molina Jr pada 10 Desember mendatang di CenturyLink Center, Omaha, Nebraska, AS. Omaha merupakan kampung halaman Crawford.

Akhir pekan lalu, kedua pihak sudah mencapai kesepakatan, namun belum ada kontrak yang ditandatangani. Menurut promotor TOP Rank Bob Arum, proses kelengkapan surat sedang difinalisasi untuk pertarungan yang rencananya akan disiarkan oleh HBO.

Sebenarnya CenturyLink Center sedianya akan dipakai untuk menggelar partai bola basket putra Universitas Creighton pada 10 Desember. Namun staf Arum sukses berunding dengan pihak sekolah untuk menggeser pertandingan basket tersebut ke tanggal yang lain, sehingga bisa digunakan untuk duel tinju.

Arum sendiri sangat memuji Molina. “Molina petinju yang tangguh sebagaimana yang dia buktikan dalam pertarungan melawan Ruslan Provodnikov pada bulan Juni silam. Dia lawan yang berkualitas,” katanya.

HBO sendiri menyetujui pertarungan Crawford-Molina pada 10 Desember yang awalnya diplot untuk mempertemukan juara bertahan kelas menengah Gennady Golovkin dan Daniel Jacobs. Tapi negosiasi duel itu mandek dan akhirnya kedua pihak sepakat untuk mundur dari tanggal tersebut.

Itu sebabnya HBO mencari pertarungan lain untuk mengisi kekosongan jadwal di kuartal keempat tahun ini. Jika duel Crawford-Molina difinalisasi, ini akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya setelah sekian tahun, Top Rank dan Premier Boxing Champions setuju mempertemukan petinju mereka dalam duel nonwajib.

Terakhir kali Top Rank dan Premier Boxing mempertandingkan duel seperti ini adalah pada 2015 saat Floyd Mayweather berhadapan dengan Manny Pacquiao.

Crawford (29-0, 20 KO) menanggalkan gelar juara dunia kelas ringan pada 2015 dan naik ke kelas welter yunior, berhasil menggondol gelar WBO yang kosong dengan meng-KO Thomas Dulorme di ronde keenam. Fighter of the Year pada 2014 itu pun telah sukses mempertahankan gelar ini sebanyak tiga kali .

Salah satu kemenangan petinju 29 tahun itu adalah menang angka atas juara WBC Viktor Postol pada 23 Juli lalu di Las Vegas untuk menyatukan gelar. Pertarungan ini mempertemukan dua petinju yang digadang-gadang sebagai nomor 1 dan 2 di divisi tersebut.

Sementara Molina (29-6, 23 KO) dikenal sebagai “brawler. Terakhir, pada Juni 11 lalu, dia menang angka atas eks juara dunia welter yunior, Provodnikov. Padahal dia sangat tidak diunggulkan. Toh duel tersebut menjadi momen kebangkitannya setelah kalah tiga kali beruntun antara 2014 dan 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *