Terbukti Doping, Micheal O’Reilly Terancam Dilarang Bertanding 2 Tahun

Terbukti Doping, Micheal O’Reilly Terancam Dilarang Bertanding 2 Tahun

Berita Tinju: Micheal O’Reilly, petinju kelas ringan Irlandia yang terbukti positif menggunakan obat yang dilarang sesaat sebelum Olimpiade, menyatakan bahwa dia secara tidak sengaja menggunakan suplemen yang mungkin mengandung zat yang dilarang digunakan.

Dia menjadi petinju Irlandia pertama yang dilarang bertanding di Olimpiade karena gagal tes dopping. Meskipun belum diketahui apakah dia telah mengetahui hasil test sampel B sebelum dia mengeluarkan pernyataan publik pertamanya tentang kasus kontroversial ini.

Pernyataan tersebut bernada bahwa dia telah menerima takdir dan menyerah dengan kesempatannya terbebas dari tuduhan menggunakan doping yang sejak awal memang kecil. Petinju 22 tahun yang meraih medali perunggu di debut dunianya di Doha akhir Oktober lalu itu adalah salah satu harapan terbaik Irlandia untuk meraih emas di Rio.

Dia menduduki peringkat ketiga yang berarti tinggal dua kemenangan sebelum dia mendapat tempat di podium. Mimpinya sekarang hancur sementara reputasi Irlandia dalam olah raga dan tinju juga terancam.
Meskipun O’Reilly pernah berurusan dengan otoritas tinju, namun kali ini menyangkut isu doping yang mungkin bisa dibuktikannya merupakan kasus ketidaksengajaan, tetap saja berada dalam skala berbeda dari kasusnya dulu yang menyangkut kedisiplinan pada 2012.

Sejak larangan ini dikeluarkan, aliran dananya dipotong oleh Sport Ireland, dia akan dilarang bertanding dan latihan dengan IABA. Kontroversi ini mempermalukan presiden IABA yang telah membimbingnya sejak masih remaja di klub Partloise Boxing.

Dalam pernyataannya O’Reilly juga menyatakan permintaan maafnya pada rekan-rekannya petinju, anggota tim, Irish Amateur Boxing Association, Sport Ireland, Dewan Olimpiade Irlandia, dan semua yang telah mendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *