Setelah WBC, Giliran WBA Hukum Lawson Usai Serang Uzcategui

Setelah WBC, Giliran WBA Hukum Lawson Usai Serang Uzcategui

Berita Tinju: WBA melarang pelatih Leon Leon Lawson Jr terlibat dalam pertarungan apa pun yang diselenggarakan badan tinju itu sampai waktu yang tidak ditentukan. Hukuman itu dijatuhkan setelah serangannya terhadap Jose Uzcategui pada 20 Mei lalu di MGM National Harbor, Maryland.

Keponakan Lawson, Andre Dirrell, dinyatakan sebagai pemenang usai Uzcategui didiskualifikasi di ronde ke-8 untuk meraih gelar juara “interim” kelas menengah super. Keduanya bertarung dalam partai utama bersama dengan duel perebutan gelar juara dunia kelas bulu Gary Russell Jr.-Oscar Escandon.

Uzcategui memukul Dirrell dengan kombinasi tiga pukulan, dengan pukulan terakhir mendarat saat bel masih berbunyi untuk mengakhiri ronde tersebut. Dirrell tidak mampu melanjutkan pertarungan dan wasit Bill Clancy membuat keputusan kontroversial.

Dia menyatakannya sebagai pelanggaran yang disengaja dan mendiskualifikasi Uzcategui, bukannya menyatakannya sebagai sebagai pelanggaran yang tidak disengaja dan menghitung skor ketiga hakim untuk menentukan pemenang. Jika itu yang dilakukan, Uzcategui akan menang angka mutlak.

Beberapa menit setelah pertarungan selesai – dan setelah Dirrell dan Uzcategui berjabatan tangan dengan Dirrell menerima permintaan maaf Uzcategui – Lawson pergi menuju sudut Uzcategui dengan si petinju berdiri menunggu keputusan resmi untuk diumumkan, kemudian tiba-tiba meninjunya.

Lawson melontarkan tiga pukulan, termasuk tangan kiri yang mendarat di wajah Uzcategui. Uzcategui ditahan oleh kubunya dan Lawson ditarik menjauh darinya, tapi Lawson kemudian keluar dari ring tinju dalam situasi yang membingungkan.

Meski begitu, Lawson masih dicari oleh pihak berwajib atas dua serangan. WBC melarang Lawson dari semua aktivitas yang berhubungan dengan pertarungan-pertarungan mereka pada Senin pekan lalu dan WBA melakukan hal yang sama pada hari Kamisnya.

IBF, yang belum mengumumkan hukuman apa pun terhadap Lawson saat ini, tengah mempertimbangkan untuk memerintahkan duel ulang. Kubu Uzcategui sendiri mengajukan banding kepada Komisi Atletik Negara Bagian Maryland, berharap video pukulan terakhir akan ditinjau ulang dan hasil pertarungannya dianulir.

Association of Boxing Commissions, organisasi nirlaba nasional yang mewakili komisi-komisi tinju negara bagian AS dan suku Amerika Asli, serta bekerja sama dengan para komisi untuk menstandarisasi peraturan, juga mendorong semua anggota komisi untuk menolak memberikan lisensi kepada Lawson yang bakal menghadapi kurungan penjara atas serangannya itu.