Rebut Gelar Bantam IBF Dari Lee Haskins, Ryan Burnett Ukir Sejarah

Rebut Gelar Bantam IBF Dari Lee Haskins, Ryan Burnett Ukir Sejarah

Berita Tinju: Ryan Burnett menjadi petinju Irlandia Utara pertama dalam 20 tahun yang memegang gelar juara dunia kelas bantam setelah menekuk Lee Haskins pada Sabtu (10/6) malam, meski dia harus puas dengan kemenangan angka ‘split decision’.

Seharusnya hasil pertarungan itu adalah kemenangan angka mutlak karena Burnet tampil begitu dominan untuk merebut gelar bantam IBF di partai profesionalnya yang ke-17 di SSE Arena, yang terletak di kampung halamannya di Belfast.

Meski Burnett tercatat dua kali menyungkurkan Haskins dan mengendalikan pertarungan sejak awal sampai akhir, hakim dari AS Clark Sammartino secara tidak terduga memberikan skor 118-108 untuk Haskins, sehingga Burnett pun harus puas dengan ‘split decision’ setelah dua hakim memberi skor 119-107 untuknya.

Namun ini bukanlah pertarungan yang ketat dan Robert Smith, sekretaris British Boxing Board of Control, mengeritik Sammartino setelah pertarungan. “Dia (Clark Sammartino) tak akan kembali lagi ke negara ini dan saya akan memberitahukan hal itu kepada IBF pada Senin nanti,” katanya.

Kedua petinju mengalami luka pada kepala setelah saling berbenturan kepala di ronde kedua, namun Burnett (17-0, 9 KO) tetap menjaga performanya, meski mukanya dibanjiri darah di sepanjang pertarungan. Dia terlalu cepat dan tajam bagi Haskins, yang terkapar di ronde keenam dan ke-11 oleh pukulan kanan.

Burnett menjadi petinju Irlandia Utara pertama yang menjadi juara dunia kelas bantam sejak periode dua tahun kejayaan Wayne McCullough sebagai raja WBC dihentikan oleh Daniel Zaragoza pada Januari 1997. “Saat berusia 11 tahun, saya berjanji kepada ayah saya bahwa saya akan menjadi juara dunia dan malam ini saya mewujudkannya,” kata petinuu 25 tahun itu.

Ini penampilan yang menakjubkan dari Burnett, yang menikmati dukungan luar biasa dari penonton versus petinju asal Inggris berusia 33 tahun Haskins (34-4, 14 KO) yang mengalami cedera lengan kanan di tengah pertarungan. Burnett yang berlatih di London bersama pelatih Adam Booth, bertarung di Belfast untuk kali pertama sejak 2013 dan ketiga kalinya sebagai petinju pro.