Presiden WBC, Tak Jadi Lawan Canelo Melainkan Golovkin Harus Hadapi Charlo

Presiden WBC, Tak Jadi Lawan Canelo Melainkan Golovkin Harus Hadapi Charlo

Presiden World Boxing Council (wbc) Mauricio Sulaiman mengingatkan juara kelas menengahnya, Gennady Golovkin (38-0-1, 34 KO). Menurut Sulaiman, jika Golovkin tak jadi bertarung melawan Saul “Canelo” Alvarez September nanti – petinju asal Kazakhstan ini harus menjalani tarung wajib mempertahankan gelar melawan penantangnya di WBC Jermall Charlo.

Kubu Golovkin dan Canelo sudah bernegosiasi setidaknya selama lima pekan untuk mewujudkan tarung ulang ini. Targetnya partai ini akan digelar pada 15 September di Las Vegas.

Dalam beberapa hari terakhir, negosiasi berlangsung alot lantaran perbedaan pandangan soal bayaran. Canelo menuntut pembagian upah pertarungan ini 65-35, sementara Golovkin meminta imbang 50-50.

Jika negosiasi laga ini tak menemui kata sepakat, Golovkin – yang menyandang gelar juara kelas menengah IBF, WBA, WBC, dan IBO – harus menjalani partai wajib mempertahankan gelar melawan Sergiy Derevyanechenko.

Namun pihak WBC meyakini Charlo sebagai petinju yang lebih berhak menantang Golovkin. Golovkin berstatus penantang mandatori sejak Juli 2017 setelah dia memenangkan babak eliminasi final atas Sebastian Heiland.

“Golovkin mendapat dukungan penuh dari kami namun jika laga itu tak jadi terlaksana, dia harus berhadapan dengan Charlo, karena sejarah dengan jelas menunjukkan hal ini,” paparnya.

“Jadi kami merekomendasikan dia untuk melakukan yang terbaik baginya karena dia ingin melakukan laga ulang itu (melawan Canelo). Dia ingin mendapatkan uang yang bisa dihasilkan dari laga tersebut, dan dia ingin membuktikan bahwa dirinya selalu diinginkan di seluruh dunia,” ujar Sulaiman kepada ESPN Deportes.

“Dia sudah berkorban sangat banyak dalam beberapa tahun terakhir untuk bisa mencapai titik ini. Kini karena hal yang tak terlalu penting (persentase bayaran) membuatnya dalam bahaya. Sangat aneh bagi saya jika laga ini (melawan Canelo) tak jadi digelar,” Silaiman menambahkan.

Akibat masalah uang ini pula, kubu Canelo kabarnya tengah memulai negosiasi dengan petinju elite di kelas menengah lainnya yakni juara WBO Billy Joe Saunders asal Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *