Petinju Profesional Kini Boleh Mengikuti Olimpiade

Petinju Profesional Kini Boleh Mengikuti Olimpiade

Berita Tinju: Petinju profesional akhirnya dapat ikut bersaing di Olimpiade. Dan Olimpiade di Rio Janeiro nanti, akan menjadi Olimpiade pertama yanga akan diikuti oleh para petinju Profesional, karena sebelumnya ajang Olimpiade hanya boleh diikuti oleh para petinju amatir.

Petinju profesional akhirnya dapat ikut bersaing di Olimpiade. Dan Olimpiade di Rio Janeiro nanti, akan menjadi Olimpiade pertama yanga akan diikuti oleh para petinju Profesional, karena sebelumnya ajang Olimpiade hanya boleh diikuti oleh para petinju amatir.

Kesepakatan memperbolehkan Petinju Professional mengikuti Olimpiade, didapatkan setelah Asosiasi Tinju Dunia (AIBA) menyetujui perubahan konstitusi pada Rabu, (1/6), melalui sebauh rapat luar biasa.

Presiden AIBA Ching-Kuo Wu mengatakan, perubahan konstitusi Asosiasi Tinju Dunia (AIBA) telah disetujui oleh 95% peserta rapat , mereka telah menyatakan dukungannya. Peraturan baru ini akan membuka jalan bagi para petinju profesional untuk memperjuangkan medali untuk pertama kalinya di Olimpiade dimulai pada 5 Agustus 2016 nanti.

“Kami setuju dan sekarang mereka dapat bersaing,” kata Ching-Kuo Wu kepada Reuters.

Langkah ini juga telah menerima banyak kritik karena banyak pihak berpendapat itu akan menjadi tidak adil untuk petinju amatir yang telah dilatih untuk Olimpiade selama bertahun-tahun dan yang sekarang terjadi mereka harus memberikan kesempatan itu untuk membuat jalan bagi para petinju profesional.

Di bawah kepemimpinan Wu, AIBA memang telah membuat banyak perubahan termasuk mengatur pertandingan semi-profesional World Series Boxing (WSB) tahun 2011 di mana petinju akan mendapatkan uang bersaing untuk tim yang berbasis di kota. Dia juga memperkenalkan tinju perempuan di Olimpiade di London pada tahun 2012.

Beberapa dari mereka adalah petinju WSB yang telah mengamankan tempat di Olimpiade Rio, melalui sebuah permainan dan turnamen kualifikasi resmi. Tinju amatir memiliki pangsa juara Olimpiade yang telah berjuang untuk menjadi petinju profesional di antaranya Muhammad Ali, Joe Frazier, George Foreman dan Vladimir Klitschko.