Patah Jempol, Saul ‘Canelo’ Alvarez Urung Tanding Lagi Tahun Ini

Patah Jempol, Saul ‘Canelo’ Alvarez Urung Tanding Lagi Tahun Ini

Berita Tinju: Saul ‘Canelo’ Alvarez tidak akan naik ring lagi pada tahun 2016 ini akibat jempol tangan kanannya patah. Cedera tersebut didapatkan petinju Meksiko tersebut dalam pertarungan menghadapi Liam Smith pada Sabtu (17/9) lalu.

Saul Alvarez mengungkapkan cederanya ini pada Senin (19/9) kemarin. Dia mengaku jempol kanannya patah di ronde kedua dalam duel perebutan kelas junior menengah WBO itu. Toh dia mampu membuat Smith tiga kali mencium kanvas. Puncaknya, dia mengakhiri perlawanan lawannya itu dengan kemenangan TKO di ronde kesembilan.

Meski ini berita buruk bagi para penggemarnya, namun bagi fans tinju pada umumnya, itu artinya Saul Alvarez tidak akan bertemu dengan Gennady Golovkin sampai tahun depan alias 2017. Apalagi, menurut promotornya, pertarungan besar tersebut masih berpotensi dilaksanakan.

Usai mengalahkan Smith, di hadapan lebih dari 51 ribu penonton di AT&T Stadium, Texas (AS), Alvarez langsung menantang Golovkin untuk setuju bertarung dengannya. Tantangan serupa pernah dia ungkapkan manakala meng-KO Amir Khan pada Mei Silam.

Saul Alvarez mengklaim pihaknya telah mengajukan tawaran uang yang besar kepada Golovkin. “Kami siap menghadapinya (Golovkin) dan dia tak mau menerima (tawaran itu),” kata Alvarez yang memiliki rekor tanding 48-1-1, 34 KO. “Saya tak takut siapa pun. Saya melawan petinju terbaik dan ingin menghadapi petinju terbaik.”

Toh banyak pengamat tinju mengungkapkan fakta sebaliknya. Mereka menilai justru Saul Alvarez yang menghindari Golovkin. Awal tahun ini, Alvarez lebih memilih melepas gelar kelas menengah WBC miliknya ketimbang melakoni pertarungan wajib melawan petinju Kazakhstan tersebut.

Juli lalu, Golden Boy pimpinan Oscar De La Hoya yang mempromotori Saul Alvarez melakukan kesepakatan verbal dengan promotor Golovkin. Mereka setuju mempertemukan kedua petinju mereka pada musim gugur atau September 2017.

Golovkin (36-0-0, 33 KO) sendiri baru saja sukses mempertahankan gelar menengahnya dengan memukul KO Kell Brook awal bulan ini. Selanjutnya dia dijadwalkan akan kembali naik ring pada 26 November mendatang. Tapi lawannya belum ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *