Ortiz Tuding Diselamatkan Bel, Ini Reaksi Wilder

Ortiz Tuding Diselamatkan Bel, Ini Reaksi Wilder

Berita Tinju: Laga tinju kelas berat antara juara WBC Deontay Wilder (40-0, 39 KO) melawan Luis Ortiz (28-1, 24 KO) masih berbuntut. Wilder berhasil menghentikan perlawanan petinju Kuba itu setelah memukul KO di ronde ke-10. Namun Ortiz menuding Wilder diselamatkan bel pada akhir ronde ketujuh.

Setelah empat ronde berjalan biasa, pertarungan memanas ketika Wilder menghajar Ortiz pada ronde kelima. Namun Ortiz kemudian bangkit dan membuat Wilder terhuyung pada ronde ketujuh. Dia bahkan nyaris menghentikan perlawanan Wilder andai saja bel tanda akhir ronde ketujuh tidak segera berbunyi.

Jeda antara ronde ketujuh dan kedelapan ini ternyata benar-benar dimaksimalkan oleh Wilder. Sejak ronde kedelapan dia bangkit kembali dan terus menggempur Ortiz hingga akhir ronde kesembilan.

Saat ronde ke-10 dimulai, Wilder langsung memberondong lawannya dengan serangkaian pukulan yang membuat Ortiz dua kali terjatuh dan membuat wasit menghentikan pertarungan.

Namun Ortiz rupanya masih belum puas atas hasil pertarungan ini. Dia merasa seharusnya bisa memanangkan pertarungan seandainya Wilder tidak ditolong bel di pengujung ronde ketujuh.

Dia merasa kemenangan yang seharusnya dia dapatkan telah dirampok. Kubu Ortiz pun menantang Wilder untuk melakukan tarung ulang.

“Lihat bagaimana wasit bahkan tidak melihat ke arah Wilder. Dia tahu yang seharusnya dia lakukan. Wilder benar-benar terpana,” ujar kata Ortiz.

“Kami tak bermaksud merendahkan dari Wilder. Dia melakukan yang seharusnya dilakukan dan mengakhiri pertarungan seperti seorang juara. Namun promotornya atau seseorang yang memiliki uang banyak memberi tanda kepada wasit. Ini memang bukan Wilder namun seseorang yang punya kepentingan jika dia menang,” ungkap Ortiz.

“Saya merasa kami pantas mendapat kesempatan tarung ulang dan saya pikir ini harus terwujud jika Anthony Joshua menolak menghadapi Wilder. Kami pantas mendapat kesempatan tarung ulang setelah melihat ini. Ini perampokan dan ini benar-benar pertarungan epik antara Godzilla vs King Kong.”

Wilder tentu saja tidak terima atas tudingan Ortiz. Menurutnya, Ortiz justru diuntungkan karena diselamatkan bel pada menit kelima dan mendapat dua ronde tambahan, pada ronde kedelapan dan sembilan.

“Mereka hanya ingin mengungkapkan alasan. Setiap kali seseorang kalah, Anda pasti tahu mereka butuh alasan. Kita selalu menemukan hal seperti ini dalam setiap pertarungan,” katanya.

“Apa artinya beberapa detik? Kalau Anda tambahkan seluruh waktu (pada awal babak kedelapan), hanya ada tersisa paling lama lima detik. Apakah ini waktu yang banyak bagi saya untuk memulihkan diri?” imbuh Wilder.

“Waktu sebanyak itu tak akan banyak artinya. Dia juga sebenarnya memiliki kesempatan yang sama pada menit kedelapan dan kesembilan. Saat itu dia seharusnya melakukan yang harus dia lakukan,’ kata Wilder.

“Orang-orang munkin tak sadar dia juga diselamatkan bel pada ronde kelima. Saya menjatuhkan Ortiz lima kali dan dia sempat mendapat hitungan dua kali,” ungkapnya.