Meski Bersahabat dengan Golovkin, Roach Lebih Jagokan Canelo

Meski Bersahabat dengan Golovkin, Roach Lebih Jagokan Canelo

Pada 15 September mendatang, saat perayaan Hari Kemerdekaan Meksiko, duel akbar dunia akan tersaji antara superstar Meksiko Saul “Canelo” Alvarez melawan juara kelas ringan IBO, WBA, dan WBC Gennady Golovkin. Pelatih tinju papan atas dunia, Freddie Roach, memberikan prediksinya soal partai ini.

Dalam pertarungan pertama yang berlangsung September tahun lalu, laga keduanya berakhir dengan hasil seri yang kontroversial. Seperti halnya pertarungan pertama, pertemuan kedua petinju tangguh ini akan kembali digelar di Las Vegas dan akan disiarkan HBO dengan sistem pay-per-view.

Laga ulang atau rematch ini seharus berlangsung Mei lalu namun ditunda lantaran Canelo (49-1-2) gagal dalam tes obat-obatan terlarang. Dalam dua kali tes pada Februari lalu, di tubuhnya ditemukan Clenbuterol.

Sebagai gantinya, Golovkin pun akhirnya menghadapi Vanes Martirosyan. Petinju Kazakhstan ini pun tak membutuhkan waktu lama untuk menghabisi lawannya petinju Amerika Serikat berdarah Armenia itu. Golovkin hanya butuh dua ronde.

Pelatih tinju papan atas dunia, Freddie Roach pun mencoba memprediksi pertarungan antara Golovkin melawan Canelo pada pertengahan September mendatang. Menurutnya, usia Golovkin yang kini 36 tahun bakal memengaruhi perfoma petinju dengan rekor 38 menang dan sekali seri tersebut.

Canelo sendiri baru berusia 28 tahun dan tengah dalam usia keemasan dalam kariernya. “Tiple G (Golovkin) teman baik saya namun dalam pertarungan yang khusus ini saya lebih memilih petinju yang lebih muda yang akan menang,” ujar pelatih yang namanya masuk Hall of Fame ini.

“Menurut saya, gerakan Triple G kini berbeda. Dia tak lagi melakukan gerakan di ring seperti dulu. Dia juga sedikit lambat sekarang,” tambahnya.

“Namun pertarungan nanti akan sangat menarik. Saya tak sabar menyaksikannya,” kata pelatih yang kini berusia 58 tahun itu kepadan Boxingscenesaat dimintai komentarnya tentang laga yang akan digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas. Nevada, Amerika Serikat tersebut.

Dalam pertarungan salah satu juri memberi nilai imbang 114-114, satu juri menganggap Golovkin unggul 115-113. Sementara satu juri lainnya menganggap Canelo unggul 118-110. Juri yang menganggap Canelo unggul inilah yang banyak mendapat sorotan karena banyak yang menyebut Golokin seharusnya memenangkan pertarungan itu.

Roach sendiri mengakui pertemuan pertama kedua petinju ini berlangsung sangat ketat. Dan dalam laga kedua nanti masing-masing petinju memiliki peluang yang sama untuk menang.

“Saya menilainya bakal imbang namun sangat mungkin salah satu keluar sebagai pemenang. Partai ulang ini pertarungan besar. Keduanya petinju hebat. Saya tak sabar menyaksikannya. Ini salah satu laga yang sangat saya nantikan. Saya pikir ini akan jadi laga yang hebat,” kata Roach.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *