Membawa Petinju Profesional Ke Olimpiade Itu Konyol, Kata Mike Tyson

Membawa Petinju Profesional Ke Olimpiade Itu Konyol, Kata Mike Tyson

Berita Tinju: Mantan juara dunia tinju kelas berat yaitu Mike Tyson telah menyebut bahwa rencana untuk membawa petinju profesional ke Olimpiade itu sebagai wacana yang konyol. Sebelumnya, Asosiasi Tinju Amatir Dunia alias AIBA itu tetap ngotot membawa petinju profesional ke pesta olah raga multi-event tersebut.

Mike Tyson juga menyebut bahwa petinju profesional tidak realistis jika bertarung di ajang Olimpiade. Selain bukan kelasnya, kata Tyson, Olimpiade hanya diperuntukan bagi petinju amatir saja, kata Mike Tyson.

Mantan juara dunia kelas berat yang saat masih menjadi petinju amatir memenangi medali emas pada Olimpiade Junior 1981 dan 1982, mengatakan bahwa para petinju profesional akan terkejut dengan gaya bertarung cepat para petinju amatir.

“Apakah kalian berpikir bahwa petinju profesional akan melawan amatir? Saya rasa ini hanya sebagai wacana saja, tetapi hal ini merupakan hal konyol” kata Tyson yang pernah memenangkan medali emas Olimpiade tahun 1981, seperti yang dikutip dari laman Independent, pada Kamis 26 Mei 2016.

Senada dengan Tyson, bekas juara dunia kelas berat lain yaitu Lenox Lewis juga menentang rencana membawa petinju profesional ke ajang Olimpiade. Dan menurut Lenox Lewis sendiri, bahwa kehadiran petinju profesional di ajang tersebut tidak masuk akal.

Rencana untuk membawa petinju profesional ke ajang Olimpiade pertama kali ini dilontarkan oleh Presiden AIBA, Ching-Kuo Wu pada akhir Februari 2016 silam. Ching-Kuo Wu itu merujuk pada keberhasilan Federasi Basket Dunia alias FIBA yang membawa pebasket profesional ke ajang Olimpiade.

Dan ada tahun 1992, FIBA juga melakukan terobosan dengan mengikut-sertakan pebasket NBA di ajang Olimpiade. Hingga saat ini, tradisi tersebut terus dilakukan pada pebasket profesional di NBA lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *