Manny Pacquiao Pupuskan Harapan Filipina Menoreh Sejarah Di Olimpiade Rio 2016

Manny Pacquiao Pupuskan Harapan Filipina Menoreh Sejarah Di Olimpiade Rio 2016

Berita Tinju: Di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro Manny Pacquiao memutuskan tidak ambil bagian. Keputusan petinju 37 tahun jelas memupus harapan Filipina mencetak sejarah di olahraga empat tahunan tersebut. Manny Pacquiao dianggap masi mampu bersaing di Olimpiade.

Pacquiao baru saja pensiun dari olahraga tinju sejak bulan lalu. Mengalahkan Timothy Bradley Jr di pertarungan terakhirnya, Pacman mengakhiri kariernya dengan dengan alasan ingin fokus di bidang politik. Ia langsung memenangkan kursi senat Filipina untuk periode 2016-2022.

Namun, masih ada satu harapan masyarakat Filipina untuk Pacquiao. Ya, Pacquiao diminta bisa mewakili negaranya tampil di Olimpiade Rio de Janeiro. Namun hingga kini perdebatan masih menyelimuti masalah tersebut.

Meski peluang tampil di Olimpiade sedang diupayakan AIBA, Ia mengaku tidak akan ambil bagian di Rio karena tidak ingin mengganggu pekerjaannya saat ini sebagai bagian dari pemerintah Filipina. “Saya sudah memutuskan untuk memprioritaskan tugas legislatif di mana saya sudah berhutang kepada orang-orang yang memilih saya” Ucapnya kepada AFP seperti diberitakan yahoo sport, Jumat (27/5).

Dalam pembahasan yang dilakukan AIBA di Lausanne, Swiss, Pacquiao yang juga diundang nyatanya tidak mau ikutan kontroversi itu. “Saya tidak punya cukup waktu untuk persiapan” tuturnya.

Pacquiao sendiri tak pernah membela Filipina. Partisipasinya cuma pernah membawa bendera untuk negaranya di Olimpiade 2008 di Beijing, China. Keputusan Pacquiao langsung disambut dingin Direktur Eksekutif Asosiasi Tinju Filipina Ed Picson. Ia berharap bintang negaranya itu bisa berubah pikiran.

“Saya harap dia punya pandangan lain sebab dia baru saja menerima pukulan soal absennya di kongres. Ia diserang seperti itu ketika kampanye dan mungkin saja ia cuma masih kesal” ucap Picson merujuk absensi Pacquiao di parlemen yang dinilai paling buruk dalam tiga tahun terakhir.