Lo Greco Bertekad Hentikan Ambisi Khan

Lo Greco Bertekad Hentikan Ambisi Khan

Berita Tinju: Phil Lo Greco mengingatkan Amir Khan untuk mulai memikirkan kehidupan di luar tinju karena dia akan menghentikan ambisi mantan juara dunia itu kembali berkarier dalam dunia olahraga. Dia sangat yakin bisa menundukkan petinju Inggris yang telah absen hampir dua tahun ini.

Khan mengakhiri absennya di dunia tinju yang telah berlangsung hampir dua tahun dengan menghadapi Lo Greco di Liverpool, Sabtu (21/4) mendatang. Rival lamanya Kell Brook diperkirakan bakal hadir dalam pertarungan di The Echo Arena ini.

Namun Lo Greco yakin Khan secara mental masih terluka akibat kekalahan dalam prtarungan terakhirnya dipukul KO oleh Saul “Canelo” Alvarez. Lo Greco yakin dia akan menundukkan Khan dan membuat petinju Inggris berusia 31 tahun itu pensiun dari olehraga tinju.

Ditanya apakah Khan dalam tekanan, kepada Sky Sports News, Lo Greco, menyatakan, “Saya pikir begitu.”

“Pertarungan terakhirnya, dia terluka serius dan absen dua tahun. Saya tahu secara mental dia tidak stabil,” kata petinju asal Kanada ini.

“Secara fisik dia memang bagus namun di panggung ini, sekali Anda sudah lewat usia 30, secara mental Anda sudah tak lagi bagus. Tak peduli sebagus apa fisik Anda, ini tak akan banyak membantu,” imbuhnya.

“Dia sudah melakukan hal yang hebat dalam tinju. Dia sudah melakukan hal yang hebat untuk tinju Inggris. Seperti yang selalu saya katakan dalam konferensi pers terakhir, ini seperti video game ‘Streetfighter’, Anda sudah kehabisan nyawa,” ungkap petinju berdarah Italia itu.

“Dia sudah kehabisan nyawa dan saya pikir dia menyadari hal itu. Namun atlet kadang cenderung berbohong kepada dirinya sendiri dan berkata, ‘Saya masih punya satu (nyawa) lagi’. Sugar Ray Leonard melakukannya, Sugar Ray Robinson melakukannya, (Muhammad) Ali. Mereka berbohong dengan berkata ‘Tidak, saya masih memiliki nyawa.”

“Saya pikir dia (Khan) harus fokus memikirkan kesehatannya lalu mengkhawatirkan soal kesejahteraannya. Dia menghasilkan banyak uang. Berbahagialah. Jadi lelaki rumahan, nikmati hidup Anda. Saat ini giliran saya. Itu pasti,” papar petinju berusia 33 tahun ini.

Setelah 11 pekan berlatih, Lo Greco bersikeras dirinya dalam kondisi puncak sekaligus membuat Khan menyesal telah memutuskan kembali bertinju.

“Saya secara fisik dan mental siap untuk laga ini,” katanya. “Saya memintanya, mereka menyanggupi, dan kini saya akan menyelesaikannya,” imbuh petinju dengan rekor 28 menang (15 KO) dan tiga kali kalah ini.

“Bobot saya sudah menyusut. Bandingkan saja tubuh saya saat konferensi pers dengan sekarang. Jika Anda butuh tips menyusutkan berat badan, hubungi saya,” kata Lo Greco.