Laga Pertandingan Tertunda, Wladimir Klitschko Hampir Pasti Hadapi Juara Kelas Berat

Laga Pertandingan Tertunda, Wladimir Klitschko Hampir Pasti Hadapi Juara Kelas Berat

Berita Tinju: Setelah partai ulang menghadapi Tyson Fury lagi-lagi tertunda, mantan juara dunia Wladimir Klitschko hampir pasti akan menghadapi juara kelas berat versi IBF, Anthony Joshua. Demikian yang disampaikan manajer Klitschko, Bernd Boente, Rabu (28/9).

“Promotor Joshua, Eddie Hearn dan saya telah menyetujui hal-hal yang terkait finansial,” kata Boenthe. “Kini (rencana pertarungan) itu sedikit tergantung pada para organsiasi tinju dunia (WBA dan IBF). Tapi kami ingin pertarungan itu diwujudkan.”

Partner penyiaran, baik Sky Sports di Inggris (Joshua) maupun RTL di Jerman (Klitschko), menyatakan “sangat tertarik” menyiarkan pertarungan yang kemungkinan dilaksanakan di kota Manchester. Pihak Joshua sudah memesan Manchester Arena untuk tanggal 26 November dengan agenda mempertaruhkan gelar IBF milik Joshua.

Jumat (23/9) pekan lalu, Fury mundur dari rencana pertarungan melawan Klitschko untuk kedua kalinya. Pihak Fury mengatakan si petinju tidak fit secara medis untuk duel pada 29 Oktober. Sebelum itu Fury mundur dari jadwal pertarungan pada 9 Juli akibat cedera engkel.

Organisasi tinju WBA dan WBO kemungkinan akan mencopot gelar WBA dan WBO yang Fury menangkan saat mengalahkan Klitschko pada bulan November tahun lalu. Kala itu, dalam duel di Duesseldorf, Fury unggul lewat kemenangan angka.

“Bila Klitschko dan Joshua bisa bertarung memperebutkan gelar WBA dan IBF pada 26 November, kami akan ambil pertarungan itu,” kata Hearn. WBA dan IBF memang masih harus berembuk karena Joshua sedianya harus melakoni partai wajib melawan Joseph Parker.

Uniknya, Joshua yang menerima gelar kebangsawanan MBE pada 2013 itu pernah menjadi “sparring partner” Klitschko. Peraih emas kelas super berat di Olimpiade 2012 itu menghabiskan 10 hari di Austria sebagai mitra tanding Klitschko untuk persiapan lawan Kubrat Pulev pada November 2014.

Joshua terakhir mempertahankan gelar juara dunia IBF miliknya Juni lalu dengan kemenangan TKO atas Dominic Breazeale. Petinju 26 tahun itu memenangi semua atau ke-17 pertarungan pronya dengan KO atau TKO sejak beralih pro pada Juli 2013.

Sementara Klitschko terakhir naik ring saat dikalahkan Fury pada akhir November 2015. Itu kekalahan pertama petinju Ukraina berusia 40 tahun itu dalam lebih dari satu dekade. Tak terkalahkan dalam 23 pertarungan sejak April 2004 sebelum kalah angka mutlak dari Fury.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *