Kubu Pacquiao Tegaskan Kontrak Dengan Top Rank Telah Berakhir

Kubu Pacquiao Tegaskan Kontrak Dengan Top Rank Telah Berakhir

Berita Tinju: Hal menarik dalam tinju akan terjadi dalam beberapa pekan mendatang. Ini menyusul klaim anggota tim Manny Pacquiao yang menegaskan bahwa kontrak petinju Filipina itu dengan Top Rank telah berakhir.

Pacquiao sendiri telah menolak berkomentar soal kontraknya dengan perusahaan promotor tinju yang dipimpin Bob Arum itu. Namun yang jelas dia tidak menyinggung soal Top Rank dan pelatih yang telah lama menanganinya Freddie Roach, saatmembicarakan rencananya untuk naik ring pada 24 Juni di Malaysia melawan juara kelas welter WBA ‘regular’, Lucas Matthysse.

Pacquiao hanya menyebutkan CEO Golden Boy Promotions Oscar De La Hoya, yang mempromosikan Matthysse, sebagai mitranya dalam laga Juni mendatang.

Menurut pengacara Pacquiao Eldibrando Viernesto, kontrak terakhir petijunya dengan Top Rank adalah saat melawan Jeff Horn di Brisbane, Australia pada Juli lalu.

“Saya memeriksa kontraknya dan menemukan bahwa Bob Arum tak berkata apa-apa lagi bahkan soal tarung ulang antara Manny Pacquiao dan petinju Australian Jeff Horn,” ungkap Viernesto kepada The Philippine Star.

Pekan lalu, CEO Top Rank Bob Arum membantah klaim bahwa Pacquiao kini tak lagi terikat kontrak dengannya. “Pacquiao terikat kontrak dengan Top Rank dalam jangka waktu lama namun saya tak tahu kapan kontrak itu akan berakhir,” ujar Arum kepada BoxingScene.com.

Media relations officer Pacquiao, Aquiles Zonio, melontarkan tudingan kepada Arum. Menurutnya, promotor veteran itu berupaya mencegah Pacquiao melakukan beberapa pertarungan di luar Amerika Serikat.

“Pertama adalah rencana Pacquiao bertarung di Dubai dan pertarungan lain yang rencananya dilakukan di Macau atau Hong Kong,” ungkap Zonio dalam sebuah artikel di Philboxing.

“Dalam dua kesempatan berbeda itu, Arum menelepon penasihat keuangan Pacquiao dan mengancam akan mengajukan tuntutan hukum jika Top Rank tak dilibatkan. Mereka takut tak kebagian hasil dari pertandingan,” papar Zonio lagi.

“Kali ini, untuk ketiga kalinya, Arum mencoba menyabotase pertarungan dengan menelepon penyandang dana di Malaysia,” imbuhnya.

Bulan depan, Pacquiao berencana akan mengumumkan secara resmi pertarungannya melawan Matthysse. Dan menurut Pacquiao, De La Hoya akan terbang ke Filipina untuk membantu mempromosikan pertarungan ini.

“De La Hoya menelepon saya dan meminta saya apakah kami bisa menggelar pengumuman resmi pertarungan ini di Manila setelah Paskah. Itulah sebabnya (konferensi pers di Manila) dipindahkan menjadi 4 April,” ungkap Pacquiao.