Kalah Angka, Joseph Diaz Akui Gary Russell Petarung Hebat

Kalah Angka, Joseph Diaz Akui Gary Russell Petarung Hebat

Berita Tinju: Joseph Diaz mengakui Gary Russell Jr memang lebih tangguh dibanding dirinya. Petinju asal Amerika Serikat itu mengakui lawannya itu sebegai petinju hebat. Hal itu diungkapkan setelah dirinya mengalami kkalahan dengan angka telak.

Dalam laga di MGM National Harbor, Maryland, AS, pada Sabtu (19/5) atau Minggu siang WIB, Joseph “JoJo” Diaz Jr (26-1, 14 KO) menyerah kepada Gary Russell Jr (29-1, 17 KO) dalam pertarungan 12 ronde.

Diaz pun gagal merebut sabuk juara kelas bulu WBC yang disandang Russell. Dua juri memberikan kemenangan 117-111, sementara juri lainnya memberi penilaian 115-113, semuanya menganggap Russel sebagai pemenang. Russell pun memenangkan laga dengan angka telak.

Ini pertarungan yang sangat mengandalkan taktik dan laga yang berat bagi kedua petinju yang pernah sama-sama membela Amerika Serikat di Olimpiade ini. Russell menggunakan senjata andalannya yakni kecepatan tangan, kecepatan gerak dan serangan yang tak kenal menyerah untuk meredam Diaz Jr, yang sebelumnya belum terkalahkan.

Strategi Russell dengan banyak melontarkan jab membuatnya menorehkan rekor yakni melepaskan 587 jab dalam 12 ronde, sebuah rekor dalam kariernya.

Sementara jumlah pukulan yang mendarat hampir seimbang (199-192 untuk keunggulan Russell Jr). Diaz sendiri berupaya menyerang dengan mengarahkan pukulannya ke tubuh Russell. Namun upayanya ini tak membawa hasil. Russell tak terpengaruh dan tetap tegar.

Dia tetap mampu melancarkan pukulan dan menghasilkan angka, meski mengalami cedera tangan pada ronde ketiga.

Diaz Jr menutup laga dengan melepaskan seluruh kekuatannya namun saya dia kurang kreatif. Serangannya monoton. Padahal butuh serangan bervariasi untuk bisa membuat Russell kesulitan.

“Rencananya adalah membuatnya ambruk dengan pukulan ke arah tubuh dan lebih menyerangnya pada ronde-ronde akhir,” kata petinju yang berasal dari South El Monte, California ini. “Namun saya terlambat memulai serangan dan tak juga melakukannya sampai ronde kedelapan atau kesembilan,” papar Diaz Jr.

“Russell Jr petinju yang hebat dan telah melakukan hal yang hebat dengan membuat saya tertekan,” paparnya.

“Kekalahan ini justru kian membuat saya bersemangat. Saya makin haus kesuksesan. Saya berharap mendapat respek dari banyak fan tinju,” ungkap

“Saya ingin menjadi juara melawan petinu kelas bulu terbaik di dunia. Malam ini bukan malam saya namun saya akan berupaya lebih keras saat kembali bertarung dan saya akan segera menjadi juara,” papar Diaz.