Joshua Bidik Bayaran Rp 1,7 Triliun Dalam Tanding Ulang

Joshua Bidik Bayaran Rp 1,7 Triliun Dalam Tanding Ulang

Berita Tinju: Anthony Joshua membidik tarung ulang melawan Wladimir Klitschko dengan bayaran 100 juta pound atau Rp 1,7 triliun di Stadion Sarang Burung, Beijing, Cina. Pertarungan ini berpotensi menyamai jumlah penonton laga keduanya di Stadion Wembley, Sabtu lalu yang mencapai 90.000 penonton karena Stadion Sarang Burung mampu menampung 91.000 penonton.

AJ (Joshua) memang wajib meladeni tantangan Klitschko jika petinju berusia 41 tahun itu menginginkan tarung ulang. Klausul pertemuan kembali antara petinju Inggris dan Ukraina itu memang ada dalam kontrak pertarungan keduanya.

Namun promotor Joshua, Eddie Hearn, tak ingin menyia-nyiakan pertarungan itu jika jadi digelar. Dia ingin petinjunya mengeruk pendapatan sebesar-besarnya dari pertarungan akbar ini.

Dia juga sangat yakin pertarungan ini akan sangat laku dijual. Dia juga melirik Cina sebagai lokasi penyelenggaraan duel ini mengingat ekonomi “Negeri Tirai Bambu” itu yang tengah menggeliat.

“Pertarungan ulang nanti lebih mungkin digelar di Cina daripada di di Amerika Serikat. Kami sudah mulai melakukan pembicaraan di sana,” kata Hearn.

“Pasar yang besar, uang yang besar ada di sana. Pertarungan sangat mungkin digelar di sana. Ayah saya Barry baru saja menyepakati (kejuaraan) snooker di sana untuk 10 tahun,” ungkapnya.

Hearn juga mengakui Joshua harus mau bertanding di luar Inggris untuk mewujudkan keinginannya menjadi triliuner olahraga. “Sulit menjadi triliuner jika hanya mendapat bayaran 10 juta – 15 juta pound tiap pertandingan,” ujar Hearn.

Seusai bertarung melawan Klitschko, Joshua mendapat bayaran 15 juta pound. Dalam laga di Stadion Wembley ini, Joshua sempat dipukul jatuh pada ronde keenam namun mampu bangkit dan mengakhiri perlawanan Klitschko pada ronde ke-11.

“Namun jika dia bertinju dengan sistem pembayaran pay-per-view seperti halnya di sini, maka Anda bisa mulai berbicara soal bayaran 30, 40, 50 juta euro tiap laga dan dia mungkin masih bisa memainkan 20 pertarungan lagi,”dia mengungkapkan.

Seusai menumbangkan Klitschko pada ronde ke-11 akhir pekan lalu Joshua pun mulai mendapat banyak undangan untuk menjadi tamu di acara televisi. Dia akan menjalani tur di serangkaian acara televisi seperti Jimmy Fallon Show, The Late Show With Stephen Colbert, Good Morning America, dan The Today Show.