Jika Pertandingan Lawan Lomachenko, Pacquiao Harus Turun Kelas Ringan

Jika Pertandingan Lawan Lomachenko, Pacquiao Harus Turun Kelas Ringan

Egis Klimas, manajer juara kelas ringan WBA Vasyl Lomachenko (11-1, 9 KO), memastikan petinjunya tak akan mau naik ke kelas welter junior untuk bisa bertarung melawan Manny Pacquiao. Pihak petinju Ukraina itu justru meminta Pacquiao turun dua tingkat ke kelas ringan.

Akhir pekan lalu, Pacquiao kembali menyabet gelar juara dunia kelas welter WBA. Dia menundukkan petinju Argentina Lucas Matthysse di ronde keenam dalam pertarungan di Malaysia. Ini merupakan kemenangan knock-out(KO) pertama yang diraih Pacquiao sejak 2009.

Ini juga laga pertama petinju berusia 39 tahun itu setelah kalah oleh Jeff Horn di Australia pada Juli 2017 lalu. Saat itu dia kalah angka setelah berlaga 12 ronde. Pacquiao kemungkinan tak keberatan menurunkan bobotnya untuk bisa berlaga di kelas ringan yang berarti turun dua kelas dari yang ditempatinya sekarang. Anggota tim atlet Filipina itu juga yakin petinjunya bisa beraksi di kelas 135 pound dengan aman tanpa risiko.

Pacquiao, yang akan berusia 40 tahun pada Desember mendatang, tak pernah lagi bertarung di kelas ringan dalam 10 tahun terakhir sejak memukul KO David Diaz pada 2008.

Jika jadi berlangsung laga ini akan memiliki skenario yang sama seperti ketika Oscar De La Hoya harus menurunkan bobotnya untuk mencapai 147 pound pada 2008 guna melawan Pacquiao.

Pacquiao yang saat itu sama sekali tak diunggulkan ternyata mampu menundukkan De La Hoya di ronde ke delapan. De La Hoya pun kemudian memutuskan pensiun usai menderita kekalahan dalam laga di MGM Arena, Las Vegas ini.

Menurut Klimas, satu-satunya cara Lomachenko (11-1, 9 KO) bertarung melawan Pacquiao adalah di kelas 135 pound atau di kelas ringan. Mereka sama sekali tak tertarik bertarung jika petinjunya harus naik ke kelas welter junior.

“Kami sama sekali tak tertarik (jika harus naik kelas),” ujar Klimas kepada Chris Mannix dari Yahoo! Sports. “Jika Pacquiao mau turun ke kelas 135, datanglah dan bertarung merebut gelar juara WBA milik (Lomachenko). Vasyl adalah juara kelas ringan. Ini sebuah kemungkinan,” imbuhnya.

“Jika kita tak berbicara tentang kelas 137 (pound) dan 136, tak akan ada pertarungan. Kami tak mau melakukannya (naik kelas). Jika dia ingin menantang, dia harus mau turun kelas. Kami tak mau naik ke kelas 140 pound (welter junior atau ringan super). Jika Manny Pacquiao ingin melawan Lomachenko, dia harus melakukannya di kelas 135 pound.”

Lomachenko, 30, terakhir kali bertarung pada Mei lalu. Dia menghentikan perlawanan Jorge Linares di ronde ke-10 dan menjadi juara kelas ringan WBA di Madison Square Garden, New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *