Jenis Pukulan Pada Olahraga Tinju

Jenis Pukulan Pada Olahraga Tinju

jenis-pukulan-olahraga-tinju
Jenis Pukulan Pada Olahraga Tinju – Untuk menjadi seorang Juara di bidang olahraga yang di tekuninya tentu saja ada satu hal yang paling penting yang harus diketahui, dan Basic olahraga dalam dunia Tinju tentu saja adalah jenis – jenis dari pukulan tinju itu sendiri.

semakin jenis pukulan tertentu di asah maka semakin efektif pula jenis pukulan tersebut digunakan.

berikut ini adalah jenis pukulan pada olahraga tinju yang wajib kamu ketuahui :

1. Jab

Jab merupakan pukulan pembuka pertahanan lawan dalam tinju, bagi atlit tinju bertangan kanan pukulan jab biasanya dilakukan dengan tangan kiri begitu juga sebaliknya.

biasanya setelah pertahanan lawan terbuka seorang atlit tinju akan langsung diikuti dengan kombinasi pukulan lainnya. karena itu mengasah ketajaman pukulan ini sangat penting untuk memudahkan seorang atlit membuka pertahanan lawan.

2. Straight

Straight bisa diartikan juga dengan pukulan lurus. dan biasanya pukulan ini dilakukan dengan menggunakan tangan terkuat dari seorang petinju target dari pukulan ini adalah wajah, pipi, dada, dan perut dari lawan.

3. Hook

Hook dapat berarti pukulan kait disebut demikian karena saat melakukan pukulan ini tangan dari seorang petinju akan berbentuk kait pukulan Hook terkenal sangat kuat dan sering di jadikan sebagai senjata andalan beberapa juara Dunia.

pukulan hook dapat menggunakan tangan kanan maupun kiri namun ketika melakukan pukulan ini pertahanan petinju akan terbuka lebar sehingga akan rentan terkena serangan balik.

4. Uppercut

Uppercut merupakan pukulan andalan dari setiap petinju, jenis pukulan ini berjarak pukul pendek yang biasanya dilakukan saat posisi lawan dekat. sasaran pukulan ini biasanya adalah dada, dagu, perut dan ulu hati yang dilakukan dengan bentuk lengan dari petinju berbentu V dan mengarahkan pukulan ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *