Ini Penyebab Golovkin Tak Mungkin Jadi Juara Dunia Sejati

Ini Penyebab Golovkin Tak Mungkin Jadi Juara Dunia Sejati

Berita Tinju: Pelatih Gennady Golovkin, Abel Sanchez, yakin petinjunya itu tak akan pernah menjadi juara dunia sejati kelas menengah. Pasalnya, dia yakin juara kelas menengah WBO, Billy Joe Saunders, tak akan mau berhadapan dengan raja kelas menengah asal Kazakhstan itu.

Sabuk juara WBO adalah satu-satunya gelar yang belum disabet Golovkin di kelas menengah. Saat ini dia telah menyandang gelar juara kelas menengah WBC, WBA, IBF, dan IBO. Padahal jika laga unifikasi ini jadi digelar, Sanchez yakin Golovkin akan mampu menundukkan Saunders.

“Lihatlah, kini kita tahu dia ta akan menjadi juara kelas menengah sejati,” ujar Sanchez kepada para wartawan setelah Golovkin menaklukkan Vanes Martirosyan di ronde kedua, Sabtu lalu di StubHub Center.

“Saunders tak akan bertarung dengannya (Golovkin) karena dia mencari uang lotere. Gennady ingin mendapat kesempata itu namun Saunders tak mau bertarung dengannya.”

Saunders terlihat berminat melawan Golovkin Juni 2017 lalu. Namun negosiasinya berhenti setelah kubu Golovkin memutuskan bahwa tidak akan ada cukup waktu setelah laga melawan Saunders yang sedianya digelar 10 Juni dengan dimulainya kamp pelatihan untuk pertarungan 16 September 2017 melawan Canelo Alvarez.

Saat kesepakatan laga dicapai, Oscar De La Hoya (promotor Alvarez) mengajukan syarat bahwa Golovkin tak boleh berhadapan dengan Saunders sebelum menghadapi Alvarez. Mengingat begitu banyaknya dana yang dilibatkan dalam laga Golovkin-Alvarez, De La Hoya tak ingin laga ini gagal terwujud karena partai melawan Saunders pastinya sangat berisiko.

Namun petinju kidal asal Inggris itu bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Tom Loeffler, promotor Golovkin. Laga melawan Saunders bisa menjadi opsi lain jika rencana mempertemukan kembali Golovkin melawan Alvarez pada 15 September mendatang gagal terwujud.

Namun Sanchez curiga Saunders tak akan mau menjalani pertarungan melawan Golovkin. Dan ini berarti Golovkin kehilangan kesempatan melengkapi gelar yang sudah disandangnya dengan gelar WBO.

“Dia meminta 7 juta dolas AS saat melawan (Daniel) Jacobs. Jadi bisa dibayangkan berapa yang dimintanya untuk melawan Golovkin. Dia pasti akan minta bayaran yang sama dengan Anthony Joshua,” kata Sanchez.

“Jadi menurut saya kami tak mungkin menambah sabuk ang sudah didapatkan Golovkin. Namun soal sabuk memang tak sepenting keinginan Gennady,” paparnya.

Saunders, 28 tahun, dijadwalkan akan mempertahankan sabuk WBO pada 23 Juni. Dalam laga Sabtu malam itu dia akan melawan petinju Inggris, Martin Murray di O2 Arena, London.