Ini Kunci Lomachenko Taklukkan Linares

Ini Kunci Lomachenko Taklukkan Linares

Berita Tinju: Vasyl Lomachenko mengungkapkan kunci yang membuat dirinya mampu menaklukkan Jorge Linares dalam laga Sabtu (12/5) atau Minggu pagi WIB. Menurut petinju asal Ukraina ini instruksi ayahnya menjelang ronde ke-10 membuatnya mampu menghentikan perlawanan Linares dan meraih gelar juara WBA kelas super ringan.

Berkat kemenangan di Madison Square Garden di New York ini, Lomachenko pun menorehkan sejarah menjadi petinju tercepat yang mampu mengoleksi gelar juara dunia tinju di tiga kelas berbeda.

Sebelumnya, dia sudah menyabet gelar juara bulu WBO dan kelas ringan junior atau kelas bulu super WBO. Setelah menundukkan Linares, Lomachenko pun sukses menyabet gelar juara super ringan WBA. Dia menyabet gelar juara dunia di tiga kelas berbeda ini dalam jangka waktu empat tahun saja. Dia merebut tiga gelar ini setelah hanya melewati 12 pertarungan.

Perjuangan petinju berusia 30 tahun ini menaklukkan tidaklah mudah. Dia bahkan sempat dipukul jatuh Linares pada rende keenam. Namun dia kemudian bangkit dan pukulan keras ke arah tubuh Linares di ronde ke-10 berhasil membuat lawannya menyerah.

Sementara bagi Linares ini adalah kekelahan keempatnya dalam 48 laga yang telah dilewati. Dia sebenarnya memulai laga dengan bagus dan sempat unggul. Namun kemudian Lomachenko ganti unggul mengandalkan pukulan kombinasi beruntun serta kecepatannya.

Lomachenko sebenarnya nyaris bisa menghentikan lawannya pada menit kelima setelah mampu membuat Linares frustrasi dengan matanya yang bengkak. Linares sendiri berulang kali diperingatkan wasit karena memukul terlalu bawah.

Namun pada ronde keenam, Linares berhasil membuat Lomachenko terjungkal. Saat memasuki ronde ke-10, Lomachenko berhasil mendaratkan beberapa pukulan ke arah wajah Linares, namun tak juga membuatnya tumbang.

Saat ronde ke-10 akan berakhir, ayah Lomachenko sekaligus pelatihnya, memberi instruksi agar putranya itu mengarahkan pukulan ke arah tubuh petinju veteran itu.

“Saya bersiap untuk memasuki beberapa ronde terakhir dan ayah saya (sekaligus pelatih Anatoly Lomachenko) berkata kepada saya, ‘Kamu harus mengarahkan ke tubuhnya’,” kata Lomachenko.

“Linares petinju hebat dan pertarungan ini bagus buat fan dan semua orang. Ini pertarungan hebat,” paparnya.

Namun Lomachenko tak buru-buru. Dia membuka pertahanan Linares dengan mengarahkan pukulan ke arah mata kiri sebelum melancarkan pukulan yang menentukan di ronde ke-10.

Setelah serangkaian pukulan ke arah kepala Linares, sebuah pukulan tangan kiri ke arah tubuh Linares membawa Lomachenko menorehkan sejarah.