Hearn: Wilder Menjauh, Whyte Favorit Jadi Lawan Joshua

Hearn: Wilder Menjauh, Whyte Favorit Jadi Lawan Joshua

Berita Tinju: Promotor Matchroom, Eddie Hearn, menyatakan calon kuat lawan yang akan dihadapi Anthony Joshua dalam laga April 2019 mendatang adalah Dillian Whyte dan bukannya Deontay Wilder.

Joshua akan mempertaruhkan sabuk kelas berat WBA Super, IBF, WBO, IBO saat melawan Alexander Povetkin pada 2 September.

Petinju Inggris ini telah menandatangani kontrak untuk menggelar laga di Stadion Wembley. Sebelumnya, Joshua diperkirakan bakal bertemu Wilder jika sudah melawan Povetkin dalam pertarungan di Wembley.

Namun, sang promotor rupanya berubah pikiran. Dia menyatakan tak lagi melakukan komunikasi dengan kubu Wilder. Menurutnya, lawan Joshua April tahun depan kemungkinan besar adalah Whyte, yang mengalahkan Joseph Parker dengan angka bulan lalu.

Whyte dan Joshua pernah bertemu pda 2015 lalu. Pada ronde-ronde awal Whyte sempat membuat Joshua tersiksa dengan pukulan-pukulannya. Namun kemudian Joshua bangkit dan menjatuhkan Whyte dan menghentikan perlawanan musuhnya pada ronde ketujuh.

Setelah itu, Whyte mampu menaklukkan Parker, Dave Allen, mantan juara Lucas Browne, Dereck Chisora, dan petinju kelas berat lainnya. “Sejuah perkembangan sekarang, dia (Whyte) yang menjadi favorit karena Wilder atau timnya tak lagi melakuan komunikasi dengan kami,” ungkap Hearn.

“Untuk saat ini (laga melawan Wilder) sepertinya tidak mungkin karena apa yang kami bisa lakukan jika mereka tidak membalas?” ungkapnya.

Menurut Hearn, lawan berikutnya yang akan dihadapi Whyte kemungkinan adalah Chisora meski Dominic Breazeale dan Jarrell Miller juga bisa menjadi opsi. “Di luar tiga petinju itu, inilah laga yang diinginkan publik Inggris,” paparnya.

“Saya pikir, sejujurnya, Chisora berhak mendapatkan kesempatan laga ulang. Dia terlihat habis saat melawan (Agit) namun kemudian tampil dengan performa prima saat melawan (Carlos). Jadi bagaimana kami menolak kemungkinan memberikan kesempatan laga ulang kepada dirinya?”

Breazeale, yang menduduki posisi sebagai lawan yang wajib dihadapi Wilder, baru-baru ini juga mengungkapkan keinginannya menjajal Whyte dan menjalani laga ulang lawan Joshua.