Golovkin Vs Saunders Berpotensi Digelar Desember Mendatang

Golovkin Vs Saunders Berpotensi Digelar Desember Mendatang

Promotor Billy Joe Saunders, Frank Warren, berharap bisa membujuk Gennady Golovkin untuk bertarung di Inggris pada “awal Desember”. Meski GGG diperkirakan melaknoni duel ulang dengan Canelo Alvarez setelah hasil seri Sabtu lalu, Warren yakin Golovkin bisa menghadapi petinjunya lebih dulu.

Petinju ikonik Meksiko Canelo (49-1-2, 34 KO) berencana naik ring lagi pada Mei tahun depan, namun Golovkin (37-0-1, 33 KO) bakal mendapatkan kesempatan menghadapi Saunders (25-0, 12 KO) untuk mendapatkan satu-satunya sabuk di kelas menengah yang tidak dia kuasai.

Saunders, 28 tahun, menang angka mutlak atas petinju AS Willie Monroe Jr dalam duel mempertahankan gelar WBO keduanya di London, beberapa jam sebelum Golovkin-Alvarez digelar di Las Vegas, yang memperebutkan gelar WBC, WBA dan IBF milik Golovkin.

“Saya memang belum mengadakan pembicaraan dengan (promotor Golovkin) Tom Loeffler, namun putra saya George berada di sana (Amerika) dan dia sudah melakukan pembicaraan,” tandas Warren. “Saya akan menunggu Golovkin dan timnya untuk memberitahu niat mereka kepada kami.”

Dalam tujuh sampai 10 hari ke depan, kata Warren, mereka akan memutuskan kemana arah Billy nantinya, namun pastinya dia tak akan menunggu lama-lama untuk naik ring lagi. “Kami akan melakukan pertarungan di awal Desember dan kami akan mencari beberapa arena. Duelnya akan dilakukan di Inggris, kecuali Golovkin ingin bertarung di tempat lain.”

“Mereka [Canelo dan GGG] mungkin menunggu sampai Mei untuk melakukan duel ulang, tapi akan ada banyak negosiasi untuk mewujudkannya.”

Satu potensi hambatan untuk membawa Golovkin kembali bertarung di Inggris di mana satu tahun lalu dia menghentikan Kell Brook di London adalah ketersediaan arena. Duel ulang kelas berat Tony Bellew vs David Haye kemungkinan digelar di hari Minggu – 17 Desember – di O2 Arena, karena slot arena di London untuk hari Sabtu malam sepanjang Desember sudah terisi penuh.

Kata Warren, arena yang sangat tersedia mungkin seperti Stadion Principlaity di Cardiff. Tapi kalaupun Golovkin tak bertarung di Inggris, Saunders bersedia pergi ke AS untuk pertarungan unifikasi gelar dengan GGG, yang berbasis di California dengan dukungan fans yang terus meningkat di AS.

Copper Box Arena di timur London, yang berkapasitas 7.000 penonton, juga bisa menjadi pilihan tempat pertarungan Sanders selanjutnya. Dalam konferensi pers pasca pertarungan, Saunders sempat mengungkapkan keinginannya menghadapi petinju sesama Inggris, Amir Khan.

“Apapun yang terjadi, Bill akan bertarung lagi pada Desember nanti karena dia perlu terus aktif,” kata Warren. “Kami memerlukan lawan yang bagus untuknya dan Amir Khan memeuhi syarat itu.”