Gelar WBC Golovkin Akan Dievaluasi

Gelar WBC Golovkin Akan Dievaluasi

Berita Tinju: Presiden World Boxing Council (WBC) Mauricio Sulaiman menyatakan organisasinya akan mengevaluasi gelar juara WBC kelas menengah yang kini dipegang petinju Kazakhstan, Gennady Golovkin (37-0-1, 33 KO). WBC akan membahas kemungkinan Golovkin harus memainkan pertarungan wajib mempertahankan gelar.

Bulan lalu, Golovkin – yang juga menyandang sabuk juara IBF, IBO, dan WBA- bertarung dengan Saul “Canelo” Alvarez (49-1-2, 34 KO) yang menghasilkan keputusan kontroversial karena laga ini dianggap seri.

Ada pembicaraan soal kemungkinan bakal digelarnya tarung ulang. Kemungkinan besar pertemuan kembali Golovkin vs Canelo ini digelar Mei 2018.

Namun, muncul isu bahwa Golovkin “berutang” pertarungan wajib untuk mempertahankan gelar WBC melawan Jermall Charlo (26-0, 20 KO).

Pertarungan wajib mempertahankan gelar juara kelas menengah WBC memang tak digelar dalam beberapa tahun terakhir sejak berada dalam genggaman Golovkin. Namun pada Rabu (4/10), WBC akan mengevaluasi masalah ini.

Hal yang menjadi catatan adalah, Canelo menolak bertarung untuk merebut sabuk WBC saat dia bertemu Golovkin. Namun demikian, sang juara akan tetap menyandang sabuk itu tetapi gelar juara kelas menengah WBC akan lowong jika Canelo yang menang.

“Kita akan menunggu pembicaraan soal pertarungan wajib ini pada Rabu mendatang, untuk melihat posisi masing-masing dalam pertemuan terbuka untuk mengambil keputusan yang tepat,” kata Sulaiman.

“Golovkin pentinju yang sudah melalui proses yang sangat panjang untuk bisa mendapatkan kesempatan bretarung pada 16 September lalu. Canelo petinju elite. Keduanya selalu menampilkan pertarungan yang hebat alam beberapa tahun terakhir,” ujar Sulaiman kepada ESPN Deportes.

“Memang benar pertarungan ulang keduanya adalah hal yang sangat menarik perhatian publik dan kedua petinju juga ingin menyajikan pertarungan yang diinginkan penonton. Kita akan lihat hari Rabu mendatang karena kami juga akan melihat posisi Charlo serta GGG (Golovkin), dan kami mencoba mencari solusi yang tepat,” kata putra mantan Presiden WBC, Jose Sulaiman ini.

“Belum ada permintaan (untuk mendapatkan pengecualian soal pertandingan ulang), tapi pasti promotor Golovkin (Tom) Loeffler akan membawa posisinya ke sana,” imbuhnya.