Eubank Jr Fokus ‘100 Persen’ Untuk Hadapi Golovkin Pada 2017

Eubank Jr Fokus ‘100 Persen’ Untuk Hadapi Golovkin Pada 2017

Berita Tinju: Chris Eubank Jr ingin menghadapi jawara kelas menengah Gennady Golovkin pada tahun 2017 ini, meski dia akan bertarung di kelas lebih tinggi pada Sabtu (4/2) ini. Eubank naik ke divisi menengah super untuk menghadapi juara IBO asal Australia, Renold Quinlan di London Olimpia.

September tahun lalu, Eubank (23-1, 18 KO) gagal mewujudkan duel melawan Golovkin. Alih-alih justru kompatriotnya dari Inggris, Kell Brook, yang kemudian menghadapi juara kelas menengah itu. Brook yang naik dua kelas kemudian takluk dari Golovkin (36-0, 33 KO) dalam lima ronde.

Eubank tetap memelihara harapan menantang Golovkin dan tegas-tegas menyatakan tidak menghindar si mesin KO di London tahun lalu. “Seratus persen, itulah pertarungan yang saya inginkan karena itulah yang publik ingin saksikan,” kata Eubank. “Sudah 2 tahun saya meminta duel ini.”

Menurut Eubank, kesepakatan menghadapi Golovkin urung terwujud karena promotor Eddie Hearn melihat opsi yang lebih mudah. “Tiba-tiba saja Brook menyatakan siap sedia menghadapi Golovkin, padahal dia bukan petinju kelas menengah dan tidak akan pernah bisa menang.”

Toh Eubank coba melihat perisitiwa itu secara positif. “Saya menjadi punya lebih banyak waktu untuk bersiap menghadapi Golovkin,” kata petinju 27 tahun tersebut. “Saya diberitahu punya kesempatan cukup besar untuk mewujudkan pertarungan itu dan saya siap meladeninya pada 2017.”

Eubank Jr mengikuti jejak sang ayah – Chris Eubank Sr – dengan naik kelas dari menengah ke menengah super. Chris Sr menyabet gelar juara dunia di kedua divisi pada era 1990-an, namun anaknya belum pernah bertarung memperebutkan keempat titel juara dunia (WBC, WBA, IBF atau WBO).

Eubank Jr berharap bahwa dengan meraih gelar IBO, dirinya punya batu loncatan untuk mendapatkan kesempatan memperebutkan gelar juara dunia. Kemungkinan menghadapi juara IBF James DeGale atau George Groves yang akan memperebutkan titel WBA yang lowong menghadapi Fedor Chudinov.

“Saya naik ke kelas menengah super karena ada kesempatan bertarung memperebutkan gelar juara dunia,” kata Eubank. “Saya tak akan lewatkan kesempatan itu, meskipun itu bukan kelas yang biasa saya tempati.”

Eubank tak bisa menjawab apakah dia akan selamanya bertarung di kelas menengah super. Pasalnya, di kelas menengah sendiri ada banyak duel besar untuknya. “Rencananya adalah mengalahkan Quinlan dan kemudian mengejar setiap orang yang memegang gelar juara di kelas menengah dan menengah super. Saya tak akan membatasi diri saya hanya di satu kelas.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *