Errol Spence Yakin Bisa Hentikan Shawn Porter

Errol Spence Yakin Bisa Hentikan Shawn Porter

Berita Tinju- Juara dunia kelas welter IBF Errol Spence sangat yakin dirinya bisa menghentikan Shawn Porter, yang baru saja menyabet gelar juara di kelas yang sama versi WBC.

Porter menyandang gelar juara kelas welter WBC setelah Sabtu (8/9) lalu menaklukkan Danny Garcia. Gelar kelas welter WBC lowong setelah Keith Thurman memilih melepas sabuknya akibat cedera.

Dalam laga di Barclay Center, New York itu, Porter menang angka setelah seluruh juru menganggapnya unggul dalam pengumpulan angka. Namun Garcia juga memberikan perlawanan ketat. Terbukti persentase mendaratkan pukulan yang dia lakukan lebih tinggi dibanding lawannya.

Porter mengalahkan Danny Garcia dengan kemenangan angka telak dalam pertarungan 12 ronde yang ketat. Juri Don Ackerman memberi nilai 116-112, Julie Lederman (115-113), dan Eric Marlinski (115-113) semuanya untuk keunggulan Porter.

Kemenangan atas Garcia ini, memantapkan posisi Porter sebagai salah satu petinju papan atas di kelas welter. Porter harus bekerja keras sepanjang laga yang disaksikan langsung 13.000 penonton aja. Dia terus merangsek sejak ronde pertama dan membuat Garcia terdesak dengan jab dan pukulan ke arah badan lawannya.

Porter pun kini memperbaiki rekornya menjadi 35 kali menang (20 KO) dan sekali kalah. Porter menaklukkan Devon Alexander pada 2013 dan dan menyabet gelar juara kelas welter International Boxing Federation (IBF). Dia sempat dua kali mempertahankan gelar tersebut sebelum dikalahkan Kell Brook pada 2014.

Thurman harus menjalani operasi siku setelah mengalahkan Garcia, dan mengalami cedera tangan kiri Maret lalu saat menjalani latihan untuk pertarungan berikutnya. Dia melepaskan gelar juara kelas welter WBC pada April lalu. Garcia pun menghadapi Porter untuk memperebutkan gelar lowong yang ditinggalkan Thurman.

Spence langsung mengungkapkan soal kemungkinan menghadapi Porter yang baru saja menundukkan Garcia. Kedua petinju yakin laga ini bakal mudah diwujudkan karena keduanya di bawah manajemen Showtime dan sama-sama di bawah penasihat Al Haymon.

“Saya benar-benar menginginkan pertarungan ini. Saya berharap bisa melakukannya pada kuarter pertama tahun 2019. Dan untuk menjadi juara unifikasi sejati saya harus melewati Shawn Porter,” ujar Spence.

“Shawn Porter petinju yang suka menyerang, dan saya petinju yang suka bertahan dan bertarung. Saya rasa saya bisa menghentikan Shawn Porter,” papar Spence.