Duel Gennady Golovkin Kontra Daniel Jacobs Dimundurkan Awal Tahun 2017

Duel Gennady Golovkin Kontra Daniel Jacobs Dimundurkan Awal Tahun 2017

Berita Tinju: Pertarungan antara Gennady Golovkin vs Daniel Jacobs akhirnya tidak jadi digelar pada 10 Desember karena tidak mencapai kesepakatan tepat waktu. Tapi kedua pihak masih sama-sama berkomitmen untuk meneruskan pembicaraan sampai kesepakatan tercapai.

Sedianya, Golovkin-Jacobs dijadwalkan bertarung pada 10 Desember karena pihak HBO – yang punya kontrak dengan Golovkin, jawara sejati kelas menengah – telah berkomitmen pada tanggal tersebut dan Madison Square Garden di New York pun siap-siap di-booking.

Namun promotor Golovkin, Tom Loeffler dari K2 Promotions dan penasihat Jacobs, Al Haymon, gagal mencapai kesepakatan karena pembicaraan mereka sempat tertunda. Tidak ingin sampai terjadi purse bid, mereka pun memilih membatalkan jadwal pada 10 Desember tersebut.

Tertundanya pembicaran sebenarnya diakibatkan pihak Jacobs sendiri. Mereka mengajukan permintaan kepada pihak WBA perihal pembagian purse bid. Dari ketentuan 75-25 menjadi 60-40. Purse terbesar menjadi jatah pemegang gelar “super”, dalam hal ini Golovkin. Akhirnya, WBA memutuskan tetap 75-25.

Begitu putusan WBA itu keluar, sudah terlalu terlambat bagi kedua pihak untuk menggelar pertarungan pada 10 Desember. “Kalau kami menandatangani kontrak kesepakatan pertarungan hari ini, oke, mungkin kita dapat menggelarnya,” kata Loeffler. “Tapi kami belum sampai pada tahapan itu.”

Toh Loeffler berupaya mewujudkan pertarungan tersebut pada awal tahun 2017. Namun dia tidak bisa memprediksi waktunya secara spesifik, karena tergantung jadwal HBO, lowong tidaknya Madison Square Garden, dan waktu yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan.

Kata Loeffler, Golovkin kecewa tidak bisa bertinju lagi tahun ini karena petinju 34 tahun itu membanggakan dirinya sebagai salah satu bintang tinju paling sibuk. Ini jadi pertama kalinya bagi Golovkin untuk tidak bertarung sebanyak tiga kali dalam satu tahun kalender sejak 2012.

Dipandang sebagai salah stau petinju dengan pukulan terkeras di dunia, Golovkin (36-0, 33 KO) telah 17 kali berhasil mempertahankan gelar menengah WBA, WBC dan IBF, dengan meng-KO 23 orang penantang secara beruntun. Terakhir, petinju Kazakhstan itu menghentikan Kell Brook di ronde lima pada 10 September.

Jacobs (32-1, 29 KO) yang juga memiliki pukulan keras, mempertahankan gelar “regular” WBA miliknya sebanyak empat kali. Termasuk saat meng-KO mantan juara menengah yunior Sergio Mora dalam pertarungan ulang pada 9 September. Petinju 29 tahun itu hanya bertarung sekali pada 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *