Diunggulkan, Crawford Tak Mau Remehkan Horn

Diunggulkan, Crawford Tak Mau Remehkan Horn

Berita Tinju: Mantan juara dunia dua kelas berbeda Terence Crawford (32-0, 23 KO) tak mau menganggap remeh calon lawannya juara kelas welter WBO Jeff Horn (18-0-1, 12 KO). Pertarungan ini rencananya digelar 14 April mendatang di Madison Square Garden, New York City.

Horn tampil gemilang sepanjang 2017. Dia sukses menyabet sabuk juara kelas welter WBO setelah menundukkan petinju tangguh Filipina, Manny Pacquiao. Dalam laga di Stadion Suncorp, di Brisbane, Australia itu Horn menundukkan Pacquiao dengan kemenangan angka telak.

Namun banyak kontroversi setelah pertarungan yang ditonton langsung sekitar 51.000 penonton itu. Pacquiao dan timnya merasa mereka telah “dirampok” dan meminta penyelidikan dari WBO. Organisasi Tinju Dunia itu mengabulkan permintaan itu. Mereka melakukan penyelidikan dan menyatakan hasil laga tersebut sudah benar dan tak ada kecurangan.

Crawford juga mengakui tak ada yang salah dalam penilaian juri dalam laga Horn vs Pacquiao. Menurutnya laga ini berlangsung sangat ketat dan berjalan dengan baik. Dikatakan oleh Crawford, Horn berhasil membuat lawannya terluka. Sementara pukulan Pacquiao yang biasa selalu membuat lawan frustrasi ternyata tidak efektif dalam laga di Brisbane itu.

Pacquiao memang terlihat kesulitan melawan petinju yang jauh lebih besar dibanding dirinya. Sementara Horn bermain lebih efektif.

“Ini pertarungan yang ketat, kemenangan (Horn) memang pantas diperdebatkan. Saya melihat pada beberapa ronde awal dan sebagian ronde terakhir dari pertarungan ini. Dia menahan dan mendorong Pacquiao dan membuat Pacquiao gagal mendaratkan pukulan,” katanya.

“Dia hanya mendaratkan sedikit pukulan di tubuh Pacquiao dan tak membuat Pacquiao terluka. Pukulan-pukulan itu seharusnya tidak dihitung,” kata Crawford.

“Pacquiao juga banyak melontarkan pukulan yang tak dihitung karena Jeff begitu besar yang membuatnya tak bisa memukul dengan baik seperti jika berhadapan dengan petinju yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Saya melihat inilah yang membuatnya (Horn) meraih kemenangan. Pertarungan berjalan baik menurut saya,” imbuhnya.