Diduga Gunakan Doping, Petinju Irlandia Ini Gagal Ikut Olimpiade Rio

Diduga Gunakan Doping, Petinju Irlandia Ini Gagal Ikut Olimpiade Rio

Berita Tinju: Petinju asal Irlandia, Michael O’Reilly, sementara ini diskorsing tidak boleh mengikuti Olimpiade Rio 2016 sebab dugaan penggunaan obat peningkat performa. Karena dugaan tersebut, O’Reilly bisa gagal berlaga di Rio.

Michael O’Reilly sementara ini dilarang untuk bertanding di Olimpiade Rio 2016 setelah mencuatnya dugaan pelanggaran penggunaan doping. Petinju Irlandia berbobot 75 kg itu, diberikan suspensi sementara pada malam Upacara Pembukaan.

Larangan itu muncul setelah temuan analitis merugikan dalam sampel A yang diambil sebelum Olimpiade. Namun O’Reilly masih dapat mengajukan banding untuk melakukan uji sampel B, tapi tak dapat berpartisipasi dalam kompetisi atau ikut latihan itu sebelum investigasinya selesai.

“Asosiasi Tinju Irlandia sama sekali tak memberikan toleransi pada penggunaan doping dan tinju Irlandia telah menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak dites oleh Program Anti – Doping Nasional selama beberapa tahun terakhir,” kata IABA dalam sebuah pernyataan.

“Dalam kebijakan IABA, doping bertentangan dengan semangat olahraga dan setiap anggota asosiasi memiliki kewajiban untuk memastikan olahraga tersebut bebas dari doping. Kami memastikan para petinju kami bersedia untuk melakukan pengujian dan keluar dari kompetisi.”

O’Reilly merupakan petinju kelas menengah yang kompetitif, tapi bisa meraih medali Olimpiade. Dia sangat mengesankan tahun lalu ketika memenangkan European Games dan mengalahkan petinju Kazakhstan Zhanibek Alimkhanuly, meskipun ia kehilangan tempat ketiga untuk memastikan lolos ke Rio.

Dia dilaporkan menghadapi masalah pelanggaran saat acara kualifikasi di Turki awal tahun ini, namun bisa memanfaatkan kesempatan terakhirnya untuk mendapatkan tiket berlaga di Rio dalam kualifikasi dunia di Baku pada bulan Juni. Dan sekarang tampaknya ia akan kehilangan sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *