Demetrius Andrade Tanggalkan Gelar Kelas Welter Super WBA

Demetrius Andrade Tanggalkan Gelar Kelas Welter Super WBA

Berita Tinju: Komite World Boxing Associaton (WBA) telah mengonfirmasi bahwa gelar juara kelas welter super WBA kini kosong karena telah ditanggalkan oleh sang juara Demetrius Andrade yang ingin naik ke kelas menengah.

Alasan utama gelar tersebut ditanggalkan Andrade adalah karena ia ingin segera mendapat kesempatan bertinju di kelas menengah dan meminta badan tinju WBA memberinya peringkat di kelas menengah agar bisa bertarung di jalur juara WBA ke depannya. Gelar juara reguler kelas menengah WBA kini dipegang oleh Ryota Murata yang berhasil meraihnya hari Minggu kemarin. Juara super kelas menengah WBA masih dikuasai oleh Gennady Golovkin.

Andrade telah bertinju 26 kali tanpa sekalipun tersentuh kekalahan dan 16 kemenangan di antaranya diraih dengan cara KO. Ia meraih gelar itu pada bulan Maret lalu setelah mengalahkan Jack Culcay dengan split decision. Dia menanggalkan gelarnya padahal ia belum pernah sekalipun mempertahankannya.

Hari Minggu kemarin, Andrade telah resmi naik ke kelas menengah dan mengalahkan Alantez “Slyaza” Fox dalam duel 12 ronde dengan kemenangan angka mutlak di Turning Stone Casino New York.

Andrade yang tampil mewakili AS pada Olimpiade 2008 di kelas welter terlalu tangguh bagi Fox, yang tidak mampu menemukan kepercayaan diri dan ritme untuk melakukan serangan dalam duel tersebut.

Andrade kehilangan poin pada ronde 7 karena terpeleset dan dianggap sebagai knockdown. Tapi ia tetap mampu menang dengan perolehan angka 118-110, 118-109 dan 116-111.

“Inilah waktu saya. Ini adalah langkah besar bagi saya. Saya ingin segera mendapat KO, tapi ayah dan kubu saya meminta saya bersabar dan tidak tergesa-gesa. Saya tidak naik ring selama7-8 bulan dan saya mampu bertarung 12 ronde di kelas yang lebih tinggi. Itu hebat. Saya merasa bagus, tampil bagus dan menang bagus. Itulah yang kami lakukan malam ini,” kata Andrade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *