Bertahan Di Kelas Ringan, Lomachenko Lepas Sabuk Ringan Junior

Bertahan Di Kelas Ringan, Lomachenko Lepas Sabuk Ringan Junior

Berita Tinju: Seperti yang diperkirakan sebelumnya, Vasyl Lomachenko memutuskan untuk bertahan di kelas ringan untuk pertarungan selanjutnya. Petinju Ukraina ini akhirnya melepaskan gelar juara kelas ringan junior WBO yang juga berada dalam genggamannya.

Promotor Lomachenko, Top Rank, sudah memberitahu WBO bahwa petinju mereka itu memilih untuk bertahan di kelas 135 pound (kelas ringan). Di kelas ini, Lomachenko berhasil menundukkan Jorge Linares pada ronde ke-10 pada 12 Mei lalu dan menyabet gelar kelas ringan WBA.

Lomachenko yang kini berusia 30 tahun dengan catatan rekor 11-1, 9 KO setelah kemenangan itu menyatakan dirinya akan mempertimbangkan lebih dulu apakah akan tetap bertarung di kelas ringan atau kembali turun ke ringan junior. Namun pada Kamis (24/5) dia akhirnya memutuskan tetap di kelas 135 pound.

Petinju kidal ini dijadwalkan bakal kembali naik ring pada 25 Agustus mendatang di The Forum, Inglewood, California. Promotor Bob Arum telah menyatakan juara kelas ringan WBO Ray Beltran (35-7-1, 21 KO, 1 NC), yang juga ditangani Top Rank, sebagai calon kuat lawannya.

Lomachenko berhasil menyabet gelar juara tiga kelas berbeda dalam laga profesional ke-12 nya dengan menundukkan Linares, 11 hari lalu di Madison Square Garden.

Peraih dua medali emas limpiade itu menyabet gelar juara kelas ringan junior WBO dengan menundukkan petinju Puerto Riko Rocky Martinez di ronde kelima dalam laga Juni 2016 di The Theater, Madison Square Garden. Dia empat kali mempertahankan gelar gelar itu sebelum bertemu petinju asal Venezuela, Linares (44-4, 27 KO).

Wakil Presiden Bidang Operasional Tinju Top Rank, Carl Moretti, menjelaskan soal keputusannya melepas gelar juara kelas ringan junior WBO dalam surat yang dikirim Rabu lalu yang ditujukan kepada Presiden WBO, Francisco Valcarcel.

“Saya menulis untuk Anda mewakili Tim Lomachenko,” tulis Moretti. “Seperti yang Anda smua maklumi, pada 12 Mei Vasyl telah naik kelas untuk menantang juara kelas ringan WBA Jorge Linares. Seperti yang Anda lihat, dia sukses menyabet gelar juara kelas ringan,” dia menambahkan.

“Vasyl ingin terus bertarung di kelas ringan, oleh karenanya dengan penuh rasa hormat kami memutuskan untuk melepas gelar kelas ringan junior WBO unntuk memberi kesempatan kepada para penantang memperebutkan gelar yang kosong.”

Petinju Puerto Riko, Christopher Diaz (23-0, 15 KO), yang kini berperingkat No. 1 WBO, dan Masayuki Ito dari jepang (23-1-1, 12 KO), yang menepati peingkat kedua diperkirakan bakal bertarung untuk memperebutkan gelar juara kelas ringan junior WBO yang dilepaskan Lomachenko. Partai ini akan digelar pada 28 Juli di Kissimmee, Florida. Seperti halnya Lomachenko, Diaz dipromosikan Top Rank.