BBBoC Cabut Lisensi Bertinju Tyson Fury

BBBoC Cabut Lisensi Bertinju Tyson Fury

Berita Tinju: Organisasi yang menaungi tinju profesional Inggris, British Boxing Board of Control (BBBoC), menyatakan mencabut lisensi bertinju petinju kelas berat, Tyson Fury. BBBoC mengumumkan hal itu pada Kamis (13/10) pagi setelah merapatkan kasus Fury sehari sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan, BBBoC berkata: “British Boxing Board of Control mengonfirmasi bahwa lisensi tinju Tuan Fury dicabut, sembari menunggu penyelidikan lebih lanjut terkait anti-doping dan isu-isu kesehatan.”

BBBoC mengambil langkah tegas ini setelah Fury dilaporkan gagal dalam tes narkoba di AS. Juga pengakuannya kepada majalah Rolling Stone bahwa dirinya mengonsumsi banyak kokain guna menanggulangi depresi yang dialaminya.

Sehari sebelumnya Fury secara sukarela melepas sabuk kelas berat WBO dan WBA miliknya guna fokus sepenuhnya dengan perawatan medis dan pemulihan diri. Fury menjadi juara dunia setelah mengalahkan Wladimir Klitschko di Dusseldorf November tahun lalu.

Namun, petinju 28 tahun itu menarik diri dari pertarungan ulang menghadapi Klitschko yang dijadwalkan akhir bulan ini. Alasannya, seperti yang diungkapkan timnya, Fury tidak sehat secara medis untuk bertarung akibat masalah pada kesehatan mentalnya.

Sedianya gelar-gelar Fury itu akan dicabut begitu dia kehilangan lisensi tinjunya. Namun Fury mengambil tindakan lebih cepat dengan melepaskannya sukarela pada hari Rabu (12/10) malam.

“Saya merasa ini sesuatu yang adil dan benar untuk dilakukan dan demi kebaikan bagi olahraga tinju untuk menjaga gelar-gelar ini tetap aktif, sehingga penantang-penantang lain dapat memperebutkan gelar-gelar yang dengan bangganya saya menangkan dan sandang sebagai juara dunia tinju kelas berat tidak terkalahkan saat saya mengalahkan Wladimir Klitscko,” kata Fury dalam pernyataan.

Lebih lanjut, Fury berkata, “Saya memenangi gelar-gelar di atas ring dan saya percaya bahwa gelar-gelar itu haruslah lepas di atas ring. Namun saya tak bisa mempertahankannya saat ini, dan saya mengambil keputusan yang berat dan emosional untuk kini secara resmi melepas gelar-gelar juara yang saya sangat hargai ini.”

Selanjutnya, Fury pun memberi doa terbaiknya kepada semua penantang baru untuk memperebutkan gelar-gelar yang dilepasnya, seraya secara tak langsung meminta doa untuknya. “Kini saya akan memasuki tantangan besar berikutnya dalam hidup saya, yang saya tahu – seperti halnya saat menghadapi Klitschko –akan saya taklukkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *