Badan Tinju WBA Terus Konsolidasikan Daftar Gelarnya

Badan Tinju WBA Terus Konsolidasikan Daftar Gelarnya

Berita Tinju: Badan tinju WBA terus mengonsolidasikan daftar gelarnya guna mengurangi jumlah sabuk yang mereka keluarkan dalam setiap kelas (super, regular, dan interim) dari tiga menjadi satu sabuk. Oleh karena itu, WBA terus memerintahkan sejumlah pemegang gelar juara untuk berhadapan satu sama lain.

Juara Tyson Fury (25-0, 18 KO) sudah menyatakan akan melepas gelar-gelarnya secara sukarela, termasuk “super” WBA. Sebelum itu, Presiden WBA Gilberto Mendoza Jr. mengatakan pihaknya akan melakukan voting atas kasus Fury. Belum jelas bagaimana respon WBA setelah pengumuman Fury ini.

Kelas berat: Juara Tyson Fury (25-0, 18 KO) sudah menyatakan akan melepas gelar-gelarnya secara sukarela, termasuk “super” WBA. Sebelum itu, Presiden WBA Gilberto Mendoza Jr. mengatakan pihaknya akan melakukan voting atas kasus Fury. Belum jelas bagaimana respon WBA setelah pengumuman Fury ini.

Luis Ortiz (25-0, 22 KO) menanggalkan gelar juara interim. Ketimbang menghadapi penantang wajib Alexander Ustinov, partai yang sudah menentukan “purse bid”, Ortiz bergabung pekan ini dengan Matchroom Boxing dan akan hadapi Malik Scott dalam duel pertama kesepakatan itu pada 12 November di Monte Carlo.

Mendoza mengatakan belum menerima surat resmi dari Ortiz yang menanggalkan gelarnya. Jika dia tidak menerima surat apa pun, gelar Ortiz tetap akan dicopot karena kegagalannya mempertahankan gelar melawan penantang wajib.

Kelas menengah super: Pemegang gelar “super” Felix Sturm menanggalkan gelarnya. Walaupun dia kemungkinan kena hukum akibat tes positif doping setelah menang angka atas Fedor Chudinov dalam duel ulang pada Februari silam, kubu Sturm menyatakan kemungkinan dihukum dan dicopot gelarnya bukanlah alasan di balik penanggalan gelar tersebut. Sturm (40-5-3, 18 KO) memerlukan operasi pada kedua sikunya dan akan absen bertarung sampai setidaknya awal tahun depan. Karena itu, dia tak bisa melakoni partai wajib mempertahankan gelar. Selain itu, Sturm berencana bertarung sekali lagi dalam partai perpisahan di Bulgaria (negara asal kedua orangtuanya) dan kemudian pensiun.

Kelas menengah: Pertarungan wajib antara juara “super” Gennady Golovkin (36-0, 33 KO) dan juara “regular” Daniel Jacobs (32-1, 29 KO) sedang bernegosiasi untuk duel pada 10 Desember. Berita terakhir, Golovkin memenangi “purse bid” 75-25, setelah pihak Jacobs mempetisi WBA untuk mengubahnya menjadi 60-40.

Kelas menengah yunior: Juara “regular” Jack Culcay (22-1, 11 KO) diperintahkan pada bulan Agustus lalu untuk menghadapi mantan juara “regular” Demetrius Andrade (23-0, 16 KOs). Meski kedua pihak belum bersepakat, promotor Culcay Team Sauerland memenangi hak “purse bid, walaupun belum ada kontrak yang ditandatangani. Duelnya sendiri direncanakan pada 5 November di Potsdam, Jerman.

Kelas ringan yunior: Juara “super” Jezreel Corrales (20-1, 8 KO) diperintahkan menghadapi juara “regular” Jason Sosa (19-1-4, 15 KO). Tapi mereka sama-sama mendapatkan izin untuk melakukan pertarungan lain terlebih dahulu. Sosa akan mempertahankan gelar di Monte Carlo menghadapi Stephen Smith (24-2, 14 KOs) pada 21 November. Sementara pada 31 Desember, Corrales akan menghadapi mantan juara Takashi Uchiyama (24-1-1, 20 KO), yang dikalahkannya secara mengejutkan pada April silam. Pemenang kedua duel ini kemungkinan bertemu.

Kelas bulu: Juara “super” Carl Frampton (23-0, 14 KO) akan bertarung ulang melawan mantan juara Leo Santa Cruz (32-1-1, 18 KO) setelah duel seru mereka pada 30 Juli lalu. Sementara juara “interim” Carlos Zambrano (26-0, 11 KO) diperintahkan menghadapi Claudio Marrero (21-1, 15 KO). Zambrani dan Marrero punya waktu sampai November untuk berseaakat atau “pure bid” akan diperintahkan.

Kelas bantam: Pada 3 Agustus, “purse bid” telah diperintahkan untuk pertarungan wajib antara juara “super” Rau’shee Warren (14-1, 4 KO) dan juara “regular” Jamie McDonnell (28-2-1, 13 KO). Kata Mendoza, WBA diberitahu kedua pihak sudah bersepakat untuk bertarung pada 12 November di Monte Cralo. Namun, Warren dikabaran menarik diri dan Mendoza belum tahu lasannya. Mendoza meminta penjelasan tertulis atau gelar Warren dicopot. Untuk lawan pegganti untuk McDonnell, terpilih mantan juara kelas bantam yunior Liborio Solis (25-4-1, 11 KO) pada 12 November mendatang.

Kelas bulu: Karena Juan Grancisco Estrada telah menanggalkan gelarnya dan naik ke kelas bantam yunior, juara “regular” Kazuto Ioka (20-1, 12 KO) dan juara interim Stamp Kiatniwat (15-0, 6 KO) diperintahkan untuk menegosiasikan pertarungan wajib mereka. Mereka punya waktu sampai November atau “purse bid” akan diperintahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *