Amir Khan Tegaskan Hanya Mau Tarung Di Kelas Welter

Amir Khan Tegaskan Hanya Mau Tarung Di Kelas Welter

Berita Tinju: Setelah kalah saat mencoba bertarung di kelas yang lebih tinggi, Amir Khan akhirnya berketetapan hati hanya akan bertanding di kelas 147 pound atau kelas welter hingga akhir kariernya.

Kendati petinju berusia 31 tahun itu bertarung dengan bobot 150 pound dalam laga terakhirnya, melawan Phil Lo Greco, mantan juara kelas ringan super (140 pound) ini menyatakan dirinya membidik juara dunia kelas welter.

Khan (32-4, 20 KO) akan kembali bertarung pada 8 September mendatang melawan petinju Kanada berdarah Kolombia, Samuel Vargas (29-3-2, 14 KO), di Arena Birmingham.

“Pertarungan ini akan membuktikan bahwa saya adalah petinju kelas 147 pound,” ujar Khan kepada Sky Sports. Khan sempat mencoba bertarung di kelas menengah saat melawan Saul “Canelo” Alvarez pada Mei 2016. Namun dia tumbang pada ronde keenam melawan petinju Meksiko itu.

“Saya ingin menjadi juara dunia lagi. Akan ada banyak gelar juara setelah ini. Ada banyak petinju besar lain di luar sana namun saya ingin menapak langkah demi langkah,” ungkapnya.

Melawan Vargas adalah laga kedua Khan pada tahun 2018 di bawah bendera promotor Matchroom Boxing. Jika menang lawan Vargas, Khan kemungkinan bakal menjalani pertarungan penting dalam ambisinya menjadi juara dunia.

Salah satu partai yang ditunggu-tunggu adalah pertemuan Ali dengan Kell Brook. Pada Juli lalu Eddie Hearn yang juga bos Matchroom mengatakan, “Setelah pertarungan berikutnya (melawan Vargas) kami akan berupaya kontrak pertarungan ini (Ali vs Brook) ditandatangani,” kata Hearn.

“Banyak pertarungan terbesar di luar sana namun partai ini juga memiliki peluang. Namun kami semua akan berupaya keras agar pertarungan ini terlaksana,” imbuhnya.

Brook seharusnya melawan kembali Brandon Cook dalam partai tambahan Dillian Whyte vs Joseph Parker, 28 Juli lalu namun tak jadi digelar karena cedera pergelangan kaki.

Belum ada kabar soal kapan mantan juara kelas welter IBF yang kini bertarung di kelas welter super itu akan kembali naik ring. Eddie Hearn tak mau berkomentar saat Boxing Scene mencoba mengontaknya untuk menanyakan masalah ini.

Sementara Khan menegaskan ketetapan hatinya untuk bertarung di kelas welter. “Saya hanya ingin bertarung di kelas 147 karena saya petinju kelas welter dan saya sudah menegaskannya,” ujar Khan.