Cedera Bahu, Lomachenko Baru Bisa Beraksi Lagi Akhir Tahun

Cedera Bahu, Lomachenko Baru Bisa Beraksi Lagi Akhir Tahun

Setelah sukses memetik kemenangan knock-out atas Jorge Linares pada 12 Mei lalu dan menyabet gelar juara kelas ringan WBA, Vasyl Lomachenko dijadwalkan akan kembali naik ring pada 25 Agustus mendatang. Namun rencana ini bakal tak mungkin terlaksana karena dia mengalami cedera.

Rencananya, petinju asal Ukraina itu akan menjalani laga unifikasi melawan juara kelas ringan WBO Ray Beltran. Namun rencana itu terancam batal lantaran masalah pada tubuh Lomachenko.

Petinju yang sebelumnya juara kelas bulu dan kelas ringan junior WBO ini mengalami cedera pada bagian dari tulang bahunya di beberapa ronde awal laga melawan Linares.

Lomachenko pun akan menjalani operasi pada Rabu (30/5) di Los Angeles, Amerika Serikat. “Dia kesakitan dan membuatnya terganggu dalam menjalankan berbagai aktivitas. Namun besok dia akan baik-baik saja,” kata manajer Lomachenko, Egis Klimas.

Menurut Klimas, Lomachenko mengalami masalah yang berulang pada bahunya. “Namun mungkin pada babak kedua, bahunya sedikit lepas dari posisinya lalu merobek labrum dan kemudian kembali ke posisi semula,” katanya lagi.

Ketika ditanya tentang seberapa berat cedera ini, Klimas mengatakan kepada BoxingScene.com, “Dokter bahkan mengatakan dia beruntung bisa melanjutkan dan menyelesaikan pertarungan. Jadi itu cukup serius.”

Untuk pertama kali dalam kariernya, Lomachenko terjungkal dalam laga tersebut saat dihajar Linaes pada ronde keenam. Namun dia berhasil bangkit bahkan balik menghentikan lawan asal Venezuela itu pada rondek ke-10, mengandalkan pukulan ke arah tubuh Linares.

Top Rank akan menjadwal ulang pertarungan Lomachenko selanjutnya. Mereka yakin petinju berusia 30 tahun itu akan pulih pada kuartal keempat tahun 2018.

“Sayangnya kami tak akan siap untuk laga pada 25 Agustus namun jika semua berjalan lancar Lomachenko akan bisa beraksi pada akhir tahun ini,” papar Carl Moretti, wakil presiden Bidang Operasional Top Rank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *